SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Workshop kayu Teknik Sipil Universitas Negeri Malang

Apriawal Ansyori

Abstrak


ABSTRAK

 

Ansyori, Apriawal. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Workshop Kayu Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., dan (2) Ir. Digdo Djoko Purwoko.

 

Kata Kunci: faktor-faktor K3, pengaruh, keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

 

Dalam pelaksanaan praktik workhsop seringkali mahasiswa yang praktik tidak menghiraukan berbagai aturan yang harus dilakukan oleh mahasiswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di Workshop Kayu Teknik Sipil Universitas Negeri Malang dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di workshop kayu Teknik Sipil Universitas Negeri Malang.

Populasi penelitian adalah mahasiswa teknik sipil yang perktik di Workshop Kayu yaitu S1 PTB semester genap 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 86 mahasiswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner yang telah divalidasi kepada mahasiswa yang pernah menempuh mata kuliah Workshop Kayu diluar sampel penelitian. Hasil pengumpulan data dimasukan kedalam tabel penelitian kemudian dilakukan analisis data menggunakan deskriptif dan uji hipotesisi regresi linier berganda menggunakan SPSS 16.0.

Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (k3) di Workshop Kayu Teknik Sipil Universitas Negeri termasuk dalam kategori baik.

Variabel keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dipengaruhi signifikan oleh faktor manusia, faktor kedisiplinan, dan faktor pengawasan, terhap pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Worksop Kayu Teknik Sipil Universitas Negeri Malang.