SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Konsep Diri dan Keperdulian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Probolinggo

Hamdan Rizali

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizali, Hamdan. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan Keperdulian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Probolinggo.Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M. Pd.(II) Drs. I Made Oka Mulya, M. Pd.

 

Kata Kunci: Konsep Diri,Keperdulian Orang Tua, Prestasi Belajar.

 

Konsep diri merupakan hubungan antara sikap dan juga keyakinan dari diri kita masing-masing, setiap siswa memiliki konsep diri yang berbeda beda. Dalam hal ini juga dilihat dari keperdulian orang tua, karna keperdulian orang tua yang berpengaruh penting dalam terbentuknya sikap dan prilaku anak. Untuk mengetahui adanya pengaruh dalam nilai prestasi siswa maka peneliti akan menguji apakah ada pengaruh konsep diri dan keperdulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Probolinggo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan (2) pengaruh keperdulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa  program keahlian Teknik Gambar Bangunan (3) pengaruh konsep diri dan keperdulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang  terdiri dari tiga variabel, yaitu konsep diri dan keperdulian orang tua variabel bebas, sedangkan prestasi belajar dari nilai rapot semester genap tahun ajaran 2014 - 2015 sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis asumsi klasik dan regresi berganda dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16  for Windows. Dalam hal ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas XI dan XII program keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo yang berjumlah 3 kelas untuk kelas XI dan 2 kelas untuk Kelas XII  dengan siswa sebanyak 142 orang.

Metode pengumpulan data menggunakan metode analisis dukumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Instrument anget yaitu telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas. Hasil analisis regresi disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa (r  = 0,69, t  = 0,815, sig 0,006