SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN SELF ASSESSMENT (PENILAIAN DIRI) KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PRODUKTIF UNTUK SISWA SMK TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SINGOSARI

Novan Dwi Harlindo

Abstrak


ABSTRAK

 

Harlindo, Novan Dwi. 2015. Penerapan Self Assessment (Penilaian Diri) Kurikulum 2013 Untuk Siswa Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd., (II) Dra. Sri Agrariani Judowati, M.Pd.

 

Kata kunci: penerapan self assessment kurikulum 2013

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri, sikap jujur, dan motivasi siswa yang sudah melakukan penilian diri dengan yang belum melakukan penilian diri.

Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, data diambil dari siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari yang berjumlah 65 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Validitas instrumen di uji menggunakan korelasi Product Moment. Reabilitas instrumen di uji menggunakan rumus Alpha cronbach. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, deskriptif variabel, dan uji hipotesis paired sampel t test.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh (1) Langakah-langkah penilaian diri yang disusun oleh guru dalam melakukan penilaian diri pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan dibagi menjadi 6 langkah dengan kriteria yang jelas dan objektif., (2) Penilaian diri (self assessment) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran gambar bangunan dibandingkan dengan yang belum melakukan penilaian diri pada mata pelajaran AUTOCAD yang diperoleh harga t hitung sebesar 12,473 dengan signifikan 0,000.  (3) Penilaian diri (self assessment) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar bangunan dibandingkan dengan yang belum melakukan penilaian diri pada mata pelajaran AUTOCAD yang diperoleh harga t hitung sebesar 8,845 dengan signifikan 0,000, dan (4) Penilaian diri (self assessment) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar banguan dibandingkan dengan yang belum melakukan penilaian diri (self assessment) pada mata pelajaran AUTOCAD yang diperoleh harga t hitung sebeasr 5,688 dengan signifikan 0,000.