SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2011/2012 Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang

CATUR PAMUNGKAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamungkas, Catur. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Porgram Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2011/2012 Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M.Ed., M.Pd. (II) Drs. Adjib Karjanto, S.T., M.T.

 

Kata kunci: Penyelesaian, Skripsi

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi adalah faktor-faktor yang mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan suatu karya tulis ilmiah dari hasil penelitian mandiri, sebagai salah satu bagian dari persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana.

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2011/2012 jurusan Teknik Sipil UM dan mengetahui seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi penyelesaian skripsi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif yangmendeskripsikan hasil penelitian faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyelesaian skripsi.Responden dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2011/2012 yang mengambil mata kuliah skripsi yang berjumlah 86 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan deskriptif.

Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi yang tertinggi adalah faktor lingkungan, sebesar 85,27% dengan kriteria Sangat Berpengaruh. Sedangkan untuk nilai yang terendah adalah faktor bimbingan dengan dosen, sebesar 62,63% dengan kriteria Berpengaruh.Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi dengan kriteria Sangat Berpengaruh adalah faktor kesehatan, faktor lingkungan, faktor teknik penulisan skripsi, faktor media penelitian, faktor dukungan administrasi. Sedangkan faktor-faktor yang berkriteria Berpengaruh  adalah faktor psikologis, faktor bimbingan dengan dosen, faktor referensi/bahan pustaka, dan faktor pemahaman mata kuliah pendukung.Total nilai faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi yang tertinggi adalah pada mahasiswa yang telah sampai pada tahapan penyelesaian BAB II, sebesar 76,25% dengan kriteria Sangat Berpengaruh. Sedangkan nilai terendah adalah pada mahasiswa yang telah sampai pada tahapan penyelesaian BAB IV, sebesar 63,24% dengan kriteria Berpengaruh.

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi yang Sangat Berpengaruh adalah Faktor Lingkungan yaitu Dukungan Motivasi Penuh dari Orang Tua. Dan faktor yang Berpengaruh terhadap penyelesaian Skripsi adalah Faktor Bimbingan Dosen yaitu dosen tidak memberi kesempatan bimbingan via online. Berdasarkan pembahasan peneliti mengajukan saran pada jurusan agar mengevaluasi sistem pengelolaan dan pelayanan skripsi, bagi dosen agar memberikan bimbingan via online, bagi mahasiswa agar dapat meningkatkan motivasinya dalam mengerjakan skripsi.