SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB 1 di SMK NEGERI 1 SINGOSARI - MALANG

IKA SULISTYANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistyani, Ika. 2015. “ Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis Dengan Pendekatan Scientific Guna Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Tgb 1 Di Smk Negeri 1 Singosari – Malang ” Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. (2) Drs. I Made Oka.M, M.Pd.

 

Kata Kunci: Strategi Pemecahan Masalah Sistematis, Motivasi dan Hasil Belajar.

 

Hasil observasi yang dilakukan pada mata pelajaran mekanika teknik menunjukkan adanya beberapa permasalahan. Permasalahan yang muncul adalah proses pembelajaran yang masih monoton, dan kurang menarik. Hal ini berdampak pada rendahnya penguasaan siswa terhadap mata pelajaran Mekanika Teknik, sehingga banyak siswa belum memenuhi skor Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran mekanika teknik yaitu 75. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach To Problem Solving).

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach To Problem Solving) pada hasil belajar mekanika teknik siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari-Malang; (2) Untuk mengetahui  peningkatan hasil belajar siswa kelas X TGB1 di SMK Negeri 1 Singosari-Malang pada pelajaran mekanika teknik; (3) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X TGB1 di SMK Negeri 1 Singosari-Malang pada pelajaran mekanika teknik.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan analisis data diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan: observasi, post test, dan dokumentasi.

Hasil Penelitian: (1) Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach To Problem Solving) Dengan Pendekatan Scientific pada mata pelajaran mekanika teknik dapat meningkatkan aktivitas guru sebesar 0,58%; (2) Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach To Problem Solving) Dengan Pendekatan Scientific pada mata pelajaran mekanika teknik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena terdapat kenaikan nilai sebesar 14,71% dari siklus I ke siklus II; (3) ) Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach To Problem Solving) Dengan Pendekatan Scientific pada mata pelajaran mekanika teknik dapat meningkatkan motivasi siswa, pada rata-rata nilai indikator yaitu 90,72 pada siklus I dan 91,22 pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan pada guru agar menerapkan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach To Problem Solving) Dengan Pendekatan Scientific pada mata pelajaran mekanika teknik karena terbukti mampu meningkatkan aktivitas guru, hasil belajar serta motivasi pada siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari-Malang.