SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan dan Motivasi dengan Pendikatan Scientific dan Berbantuan Media Website Moodle E-learning pada Mata Pelajaran Praktik Kerja Batu Kelas XI di SMKN 1 Boyolangu

Fahrurrozi Hadi Wiyoto

Abstrak


ABSTRAK

 

Wiyoto , Fahrurrozi Hadi. Peningkatan Kemampuan dan Motivasi Siswa dalam Kerja Kelompok dan Berbantuan Media Website Moodle E-Learning pada Mata Pelajaran Praktik Kerja Batu Kelas XI di SMKN 3 Boyolangu. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Dr. H. Tri Kuncoro, M.Pd. Pembimbing 2 Ir, I Wayan Jirna, M.T.

 

Kata Kunci : Kemampuan, Motivasi, E-Learning

 

E-learning adalah salah satu jenis media dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasai dan komunikasi yang dapat memuat sejumlah materi, gambar, animasi dan video secara digital yang memudahkan interaksi belajar mengajar dengan peserta didik secara interaktif tanpa terbatas jarak dan waktu. Moodle adalah salah satu dari media pembelajaran yang dapat digunakan secara bebas sebagai produk terbuka (open source) dan memiliki keunggulan menyajikan kursus secara lengkap berupa materi pembelajaran berbentuk dokumen, audio dan video yang dapat diakses oleh siswa secara mudah kapanpun dan dimanapun.

Penelitian ini adalah penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sedangkan untuk metode pendekatannya, menggunakan pendekatan kualitatif yang digunakan untuk melihat secara jelas dalam pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan dalam kelas dan hasil belajar siswa sebagai hasil penerapan pembelajaran dengan metode scientific yang berbantuan media pembelajaran website moodle dan pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk melihat seberapa besar peningkatan kemampuan dan motivasi siswa dalam praktik kerja batu dengan metode scientific.

Hasil dari penelitian membuktikan dapat meningkatkan kemampuan siswa (hasil kerja). Ditunjukkan dengan persentase peningakatan dari siklus II ke III, nilai afektif siswa meningkat sebesar 17,24%, nilai psikomotorik siswa meningkat sebesar 13,29%, dan nilai kognitif siswa terjadi peningkatan sebesar 24,14%. Dan begitu juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu siswa lebih aktif untuk melakukan kegiatan praktik kerja. Hal ini ditunjukkan rata-rata indikator motivasi siklus I, II, III didapat prosetase kenaikan rata-rata indikator motivasi sebesar 0,53%.