SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor Penyeban Kecelakaan Lalu Lintas Pengguna Sepeda Motor pada Ruas Jalan Ponorogo-Madiun

Meilia Mahardini

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahardini, Meilia. 2015. Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pengguna Sepeda Motor pada Ruas Jalan Ponorogo-Madiun. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I), Pranoto, S.T., M.T., Pembimbing (II), Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T., M.T.

 

Kata kunci: analisis, kecelakaan lalu lintas, sepeda motor

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Kabupaten Ponorogo pada tiap tahunnya menyebabkan kebutuhan transportasi juga semakin meningkat. Dengan semakin padatnya kapasitas jalan, maka dapat mengakibatkan kemacetan dan kemungkinan akan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Suatu kecelakaan lalu lintas merupakan kata yang biasa digunakan untuk menguraikan kegagalan kinerja satu atau lebih komponen pengendaraan, yang mengakibatkan kematian, luka badan, dan/atau kerusakan harta benda. Faktor-faktor penyebab kecelakaan terdiri dari: (1) manusia (keadaan tubuh, reaksi, kecakapan, gangguan terhadap perhatian, kurang antisipasi, lengah, mengantuk, mabuk, jarak rapat, dan manusia sebagai pejalan kaki dan penyeberang jalan), (2) keadaan kendaraan (pecah ban, rem blong, lampu, muatan, dan selip), dan (3) keadaan jalan (kedaan jalan, perubahan arah jalan, rambu-rambu lalu lintas, geometri jalan kurang sempurna, penghalang pandangan, keadaan yang mengurangi penglihatan, lampu penerangan jalan, dan marka jalan).

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kecelakaan pada ruas jalan Ponorogo-Madiun, (2) untuk menentukan lokasi titik rawan kecelakaan lalu lintas (blackspot) pada ruas jalan Ponorogo-Madiun. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa data primer (seperti: volume lalu-lintas, kondisi fisik jalan, bangunan pelengkap jalan) dan data sekunder (seperti: jumlah kecelakaan, jenis kendaraan, profil kecelakaan).

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: pertama, faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling tinggi adalah faktor manusia (81%), yang kedua faktor jalan (15%), dan yang ketiga faktor kendaraan (4%). Dari hasil perhitungan dengan rumus-rumus yang telah ditentukan, tenyata tidak terdapat titik blackspot pada ruas jalan Ponorogo-Madiun. Ini dikarenakan nilai FR (Fatal Ratio) lebih kecil dari nilai UCL (Upper Control Limit).