SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor Penyeban Kecelakaan Lalu Lintas Pengguna Sepeda Motor pada Ruas Jalan Ponorogo-Madiun

Abdurrahman Aziz

Abstrak


ABSTRAK

 

Aziz, Abdurrahman. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Produktif pada Kompetensi Inti KI-1, KI-2, KI-3, KI-4 Kurikulum 2013 Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno, S.T, M.Pd., (II) Drs. H. Bambang Widarta, M.T.,

 

Kata Kunci:  penilaian pembelajaran, kompetensi inti, kurikulum 2013.

 

Pelaksanaan penilaian pembelajaran guru terhadap siswa yang dilakukan secara benar sesuai dengan standar penilaian akan menjamin mutu kualitas pembelajaran. Karena dari data hasil penilaian pembelajaran yang baik dan benar berguna untuk menyusun dan mengembangkan program pembelajaran selanjutnya. Hal yang tidak mungkin dalam membuat keputusan tentang pendidikan tanpa adanya data dari kegiatan penilaian atau evaluasi pembelajaran. Semua komponen sistem pembelajaran saling mempengaruhi dan  menentukan satu dengan yang lain sehingga jika semua komponen berjalan dengan baik, pasti akan menghasilkan keluaran yang maksimal.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian pembelajaran kelompok produktif bidang keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Mata pelajaran kelompok produktif terdiri dari 8 macam mata pelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus, sehingga diperoleh sampel sebanyak 8 mata pelajaran. Teknik pengambilan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif.

 

Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan penilaian pembelajaran pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) sebesar 87,50% terlaksana dengan baik, penilaian terbanyak menggunakan teknik observasi, dan yang paling sedikit menggunakan teknik jurnal. (2) Pelaksanaan penilaian pembelajaran pada Kompetensi Inti 2 (KI-2) sebesar 83,33% terlaksana dengan baik, penilaian terbanyak menggunakan teknik observasi, dan yang paling sedikit menggunakan teknik penilaian antar peserta didik. (3) Pelaksanaan penilaian pembelajaran pada Kompetensi Inti 3 (KI-3) sebesar 91,67% terlaksana dengan baik, penilaian terbanyak menggunakan teknik tes tulis (UAS,UTS & UH), dan yang paling sedikit menggunakan teknik penilaian secara lisan. (4) Pelaksanaan penilaian pembelajaran pada Kompetensi Inti 4 (KI-4) sebesar 79,17% terlaksana dengan baik, penilaian terbanyak menggunakan teknik penilaian tes praktik, dan yang paling sedikit menggunakan teknik penilaian portofolio.