SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor Eksternal Tenaga Kerja Pada Keterlambatan Proyek Ijen Padjajaran Suites Hotel Resort and Convention Hall

Siti Mauludiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mauludiyah, Siti. 2015. Analisis Faktor-Faktor Eksternal Tenaga Kerja Dalam Keterlambatan Proyek Ijen Padjajaran Suites Hotel, Resort And Convention Hall. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Apif M. Hajji, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D, (II) Nemesius Bambang Revantoro, S.T.,M.T.

 

Kata Kunci: faktor eksternal, tenagakerja, keterlambatanproyek dan produktifitas.

 

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya keterlambatan proyek adalah tenaga kerja. Karena itu, produktivitas tenaga kerja sangat perlu diperhatikan. Produktivitas tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal namun juga faktro eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi produktivitas dan bagaimana hubungan antara produktivitas tenaga kerja dengan keterlambatan proyek.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, hasil penelitian menyatakan bahwa ada 9 indikator faktor eksternal yang mempengaruhi produktivitas beserta prosentasenya, yaitu a) ketersediaanalatkerja39,74%, b) volumepekerjaan16,67%, c) luas bangunan 11,48%, d) pemahaman tenaga kerja 9,78%, e)penginapan 6,9%, f) keahlian tenaga kerja 5,11%, g)keterbatasan penggunaan teknologi 4,63%, h)lokasi proyek 3,4% dan i) waktu penyelesaian 2,22%. Hasil analisis korelasiantara produktivitas tenaga kerja terhadap keterlambatan proyek menunjukkan adanya hubungan korelasi yang signifikan dengan nilai signifikasi 0,012 dan juga angka koefisien korelasi sebesar 0,384 yang menunjukkan adanya hubungan yang lemah diantara keduanya. Hasilanalisis resgresi antara faktor eksternal tenaga kerja terhadap keterlambatan proyek menunjukan nilai kontribusi sebesar 88,7%, namun tidak ada hubungan yang signifikn antara keduanya dengan angka signifikan > 0,05.

 

Penulis menyarankan kepadapeneliti selanjutnya, sebaiknya mencari pengaruh faktor eksternal tenaga kerja terhadap penurunan produktivitas pada satu item pekerjaan dan dalam penelitian ini disebutkan adanya faktor kepadatan tenaga kerja, untuk penelitian selanjutnya akan lebih baik apabila mencari hubungan atau pengaruh antara produktivitas, luas bangunan dan jumlah tenaga kerja.