SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun

Rizal Zafikhal Biad Sektyoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Sektyoko, Rizal Zafikhal Biad. 2015. Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun. Skripsi, Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Teknik Bangunan,  Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I)  Dr. Ahmad Dardiri, M. Pd.,(II) Drs. Made Wena, M. Pd, M.T.

 

Kata kunci: Kesiapan guru, implemntasi kurikulum 2013, sekolah menengah kejuruan

 

Penelitian ini   bertujuan untuk mengetahui  kesiapan guru adaptif, normatif, dan produktif untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 ditinjau dari kesiapan perencanaan pembelajaran, kesiapan pelaksanaan pembelajaran, kesiapan evaluasi pembelajaran, dan partisipasi kepala sekolah di SMK Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun. Rancangan penelitian ini digolongkan sebagai jenis penelitian deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif  kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di SMK Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun yang berjumlah 101 orang yaitu : (1) 55 responden guru produktif, (2) 24 respondek guru Normatif, (3) 22 responden guru Adaptif. Data diperoleh dengan angket yang telah di validasi dengan nilai: (1) r alpha crochbach lebih besar dari 0,6 sebagai acuan realibilitas, dan (2) correlated item (r hitung) lebih besar dari tabel 0,325 sebagai acuan kevalitan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian memberikan informasi: (1) Bagaimana  kesiapan guru Adaptif, Normatif, dan Produktif untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 ditinjau dari kesiapan perencanaan pembelajaran, kesiapan pelaksanaan pembelajaran, kesiapan evaluasi pembelajaran, dan partisipasi kepala sekolah di SMK Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun; (2) Faktor  yang mempengaruhi kesiapan guru, baik guru adaptif, guru normatif, maupun guru produktif untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun.

 

Kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Wonoasri termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata responden guru pada kesiapan (1) Perencanaan pembelajaran sebesar 3,57; (2) Pelaksanaan pembelajaran sebesar 2,97; (3) Evaluasi pembelajaran sebesar 3,19; (4) Dukungan kepala sekolah sebesar 3,19. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi kesiapan guru dalam pengimplementasian Kurikulum 2013 tentang pemahaman mengenai perubahan kurikulum 2013, aktualisasi informasi perkembangan kurikulum 2013, dan pengetahuan mengenai struktur dan pengembangan kurikulum 2013 tidak ada permasalahan dari guru.