SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMODELAN KEBUTUHAN PARKIR SEPEDA MOTOR DI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Lintang Natya Lakshita

Abstrak


ABSTRAK

 

Lakshita, Lintang Natya. 2015. Pemodelan Kebutuhan Parkir Sepeda Motor di Kampus Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto, S. T., M. T., (II) Pranoto, S. T., M. T

 

Kata Kunci: pemodelan, kebutuhan parkir, sepeda motor, Universitas Negeri Malang

 

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa, dan jumlahnya setiap tahun semakin bertambah. Seiring dengan hal tersebut maka jumlah sivitas akademik yang membawa kendaraan ke kampus terutama sepeda motor semakin bertambah. Beberapa tempat parkir yang terdapat di UMtidak dapat menampung kendaraan, oleh karena itu perlu diketahui bagaimana pemodelan parkir sepeda motor di UM, sehingga perencanaan lahan parkir yang dibutuhkan dapat diperhitungkan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memprediksi kebutuhan parkir sepeda motor di UM di masa akan datang. Di dalam penelitian ini telah dibedakan sepeda motor untuk mahasiswa dan sepeda motor untuk karyawan.Pengambilan data yang diperlukanadalah data primer dan data sekunder.Data primer dengan menghitung sepeda motor mahasiswa dan karyawan yang masuk dan keluar tempat parkir dan luas lahan parkir (LLP), sedangkan data sekunder adalah jumlah mahasiswa (JM), jumlah karyawan (JK), luas lantai total (LLT), dan luas lantai efektif (LLE). Penelitian ini dilaksanakan pada hari efektif kuliah, yaitu pada hari Senin 13 April 2015, Selasa 14 April 2015 dan Rabu 15 April 2015, sedangkan pengambilan sampelnya yaitu mulai pukul 06.15-16.00 WIB.

Hasil penelitian model kebutuhan parkir sepeda motor sebagai berikut: (1)Model kebutuhan parkir sepeda motor mahasiswa, (a) Y = 228,095 + 0,154 Jumlah Mahasiswa (JM) (R² = 0,601), (b) Y = 238,932 + 0,390 Luas Lantai Total (LLT) (R² = 0,614), (c) Y = 258,549 + 0,530 Luas Lantai Efektif (LLE) (R² = 0,735), (d) Y = 215,295 + 0,148 Luas Lahan Parkir (LLP) (R² = 0,536), (e) Y = 185,858 + 0,040 Luas Lantai Efektif (LLE)+ 0,080 Luas Lahan Parkir (LLP) (Adj R² = 0,824), (2) Model kebutuhan parkir sepeda motor karyawan, (a) Y = 1,253 + 1,048Jumlah Karyawan (JK) (R² = 0,722), (b) Y = 1,588 + 0,013 Luas Lantai Total(LLT) (R² = 0,600), (c) Y = 12,723 + 0,017 Luas Lantai Efektif (LLE) (R² = 0,607), (d) Y = - 5,594 + 0,050 (Luas Lahan Parkir) (LLP) (R² = 0,511), (e) Y = -20,377 + 0,767 Jumlah Karyawan (JK) + 0,008 Luas Lantai Total (LLT) (Adj R² = 0,881), (3) Model kebutuhan parkir sepeda motor mahasiswa dan karyawan Y = 171,614 + 0,052 Luas Lantai Efektif (LLE) + 0,110 Luas Lahan Parkir (LLP) (Adj R² = 0,877).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Lakshita, Lintang Natya. 2015. Parking Modelling of Motorcycle Area in State University of Malang. Thesis, Technical Education Building Program, Department of Civil Engineering, State University of Malang, Advisors: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto, ST, MT, (II) Pranoto, ST, M. T

 

Keywords: modelling, parking need, motorcycle, State University of Malang.

 

State University of Malang is one of  public universities which is much demanded by students. Therefore, the number of students always increase in the new academic year. Along with this situation, it can lead to the increasing number of academic faculty who bring vehicle to campus, especially motorcycle. Some parking areas atState University of Malang especially motorcycle parking area can not accommodate vehicles well. Therefore, it is necessary to know how the  modelling motorcycle parking area at State University of Malang, so the required planning parking area can be calculated.

This research was conducted to predict the needs of motorcycle parking area at State University of Malang in the future. In this study, the reseacher have differentiated the students'motorcycles and employees'.The necessary data were primary data and secondary data. The primary data was taken by calculatingthe students' motorcycles and employees' whoenter and exitin the parking areaand spacious parking area (LLP), while the secondary data was the number of students (JM), the number of employees (JK), the total floor area (LLT), and the effective floor area (LLE). This research was conducted on the effective day of teaching and learning process on Monday, April 13, 2015, Tuesday, April 14, 2015 and Wednesday, April 15, 2015, while the data was taken at 6:15 a.m to 04.00 p.m.

 

These obtained results models need parking as follows: (1)Parking modelling of students' motorcycles, (a) Y = 228,095 + 0,154 the number of students (JM) (R² = 0,601), (b) Y = 238,932 + 0,390 the total floor area (LLT) (R² = 0,614), (c) Y = 258,549 + 0,530 the effective floor area (LLE) (R² = 0,735), (d) Y = 215,295 + 0,148 spacious parking area (LLP) (R² = 0,536), (e) Y = 185,858 + 0,040 the effective floor area (LLE)+ 0,080 spacious parking area (LLP) (Adj R² = 0,824), (2) Parking modelling of employees' motorcycles, (a) Y = 1,253 + 1,048 the number of employees (JK) (R² = 0,722), (b) Y = 1,588 + 0,013 the total floor area (LLT) (R² = 0,600), (c) Y = 12,723 + 0,017 the effective floor area (LLE)(R² = 0,607), (d) Y =  - 5,594 + 0,050 spacious parking area (LLP)(R² = 0,511), (e) Y = -20,377 + 0,767 the number of employees (JK)+ 0,008 the total floor area (LLT)(Adj R² = 0,881), (3) Parking modelling of students' motorcycles and employees' motorcyclesY = 171,614 + 0,052 the effective floor area (LLE) + 0,110 spacious parking area (LLP) (Adj R² = 0,877).