SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Dampak Lalu Lintas pada Kawasan Malang City Point

Suwaibah Al Aslamiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Aslamiyah, Suwaibah Al. 2015. Analisis Dampak Lalu Lintas pada Kawasan Malang City Point. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T., M.T, (II) Drs. H. Suparno, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: dampak lalulintas, Malang City Point

 

Perubahan tata guna lahan menyebabkan timbulnya tarikan perjalanan. Di Kota Malang akhir-akhir ini banyak pengembangan kawasan baru, salah satunya adalah Malang City Point. Malang City Point merupakan salah satu kawasan komersil yang berpotensi menghasilkan tambahan pergerakan baru untuk kawasan disekitarnya dan kemungkinan akan menyebabkan terjadinya permasalahan lalulintas pada simpang bersinyal maupun pada ruas-ruas jalan disekitarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemodelan tarikan perjalanan pada Malang City Point terhadap tata guna lahan, mengetahui karakteristik daya tampung lahan parkir, dan mengukur kinerja simpang bersinyal serta ruas-ruas jalan yang berada di sekitar Malang City Point.

Nilai tarikan kendaraan diperoleh dari hasil survei kedatangan kendaraan pada kawasan Malang City Point. Teknik analisis pemodelan tarikan menggunakan uji statistik regresi dan uji prasyarat kelayakan model sehingga diperoleh model tarikan untuk kendaraan ringan Y2 = 21,881 + 0,0001X1 – 0,002X22 + 0,075X3. Sedangkan untuk hasil pemodelan tarikan untuk sepeda motor tidak ada yang lolos uji prasyarat kelayakan model.

Berdasarkan akumulasi parkir sepeda motor menghasilkan nilai Turn Over (TO) sebesar 0,47 dengan indeks parkir (IP) sebesar 47% dan nilai TO kendaraan ringan sebesar 0,55 dengan IP sebesar 55%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan ruang parkir masih mencukupi.

Prediksi untuk 3 (tiga) tahun mendatang bertujuan untuk mengantisipasi perubahan tingkat pelayanan simpang bersinyal dan ruas jalan di simpang tersebut. Kinerja simpang pada tahun 2018 diprediksi mencapai batas titik jenuh yang ditunjukkan dengan nilai tundaan sebesar 31,9 smp.det. Sedangkan kinerja dari keempat ruas jalan dengan adanya rekayasa geometrik yang memiliki nilai Degree of Saturation (DS) atau derajat kejenuhan paling tinggi yaitu ruas Jalan Langsep sebesar 0,41.

Berdasarkan hasil penilitian, untuk mengantisipasi dampak lalulintas dengan adanya Malang City Point perlu dilakukan pengaturan waktu siklus pada simpang dan rekayasa geometrik untuk meningkatkan kapasitas dan mengurangi nilai tundaan agar kinerja simpang menjadi lebih baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Aslamiyah, Suwaibah Al. 2015. Analysis Impact of Traffic in Malang City Point Area. Thesis. Educational Build Engineering. Civil Department, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisor: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T., M.T, (II) Drs. H. Suparno, S.T., M.T.

 

Key Word: Malang City Point, traffic impact

 

Function exchange of land use causes attraction journey in that area. In Malang, at that time there are a lot of new regional development one of them are Malang City Point. Malang City Point is one of the commercial areas that have potential to generate additional new attraction journey for that area and is likely to cause traffic problems at the intersection and on the roads around it.

This research aim to know determine the attraction journey of vehicle modeling in Malang City Point, find out the characteristics capacity of the parking area, and find out how much the performance of intersection and road segment around of Malang City Point.

Result of attraction vehicle is obtained from a survey of vehicle which arrival at Malang City Point area. Pull modeling analysis techniques using regression test and test the feasibility of the model prerequisites to obtain models of pull for low vehicles Y2 = 21.881 + 0,0001X1 - 0,002X22 + 0,075X3. As for the modeling results for the motorcycle pull no prerequisite pass the test the feasibility of the model.

Based on the accumulated motorcycle parking produces a value of Turn Over (TO) by 0,47 with value of Parking Index (IP) by 47% and from the accumulated low vehicle parking produces a value of Turn Over (TO) by 0,55 with value of Parking Index (IP) amounted to 55%. From these results indicate that the need for parking spaces is still insufficient.

Prediction for 3 (three) years forward aims to anticipating changes level of service of the intersection and road segment around it. The performance in 2018 is expected to reached boundary to the peaceful shown which indicated by the delay value of 31,9 smp.sec. While the performance of the four roads with their geometric engineering that has the highest value of DS is Jl. Langsep of 0,41.

 

Based on the research , for anticipate the impact of traffic in the presence of Malang City Point is necessary to regulate the cycle time and geometric engineering of intersection to increase for capacity and reduce the adverse performance of the delay in order to become better.