SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kemampuan Manajemen Waktu dan Dukungan Sosisal Dengan Prestasi Menggambar Teknik Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Blitar

Rochman Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, Rochman. 2015. Hubungan antara Kemampauan Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Menggambar teknik Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. R.M Sugandi, S.T., M.T. (2) Drs. Priyono, M.Pd.

 

Kata kunci: Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, Prestasi Menggambar Teknik

Prestasi belajar yang tinggi dalam menggambar teknik tidak sekedar menimbulkan rasa puas dan bangga, namun sekaligus menggambarkan sejauh mana tingkat keberhasilan belajar siswa dalam menempuh mata pelajaran tersebut. Mata pelajaran menggambar teknik sering menjadi masalah bagi siswa. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah dalam menggambar teknik oleh siswa, seperti belajar kurang teratur, kurang disiplin dalam mengatur waktu, dan kurangnya dukungan dari keluarga serta guru dan teman di sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah hubungan antara manajemen waktu dengan prestasi menggambar teknik program studi keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Blitar (2) untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi menggambar teknik program studi keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Blitar (3) untuk mengetahui adakah hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi menggambar teknik program studi keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Blitar.

Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa yang menempuh mata pelajaran gambar teknik Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier ganda.

Berdasarkan hasil analsis data, diperoleh tiga simpulan sebagai berikut. Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen waktu dengan prestasi menggambar teknik program studi keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Blitar. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan prestasi menggambar teknik program studi keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Blitar. Dan ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi menggambar teknik program studi keahlian teknik bangunan di SMK Negeri 1 Blitar.