SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 NGANJUK

Ananda Putri Vitaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Vitaningrum, Ananda Putri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Nganjuk. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T. (II) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd.

Kata kunci: learning cycle 5E, hasil belajar,

Learning Cycle 5E merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis sehingga pembelajaran berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E.

Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design, dengan desain Intact-Group Comparison. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Nganjuk dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X TGB 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan yaitu penerapan pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas control pembelajaran konvensional. Data hasil belajar dianalisis dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji T atau Independent sample T-test menggunakan SPSS 20.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh rerata hasil belajar siswa dengan pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Perolehan nilai kognitif siswa di atas KKM sebesar 75% untuk kelas eksperimen, sedangkan 27% untuk kelas kontrol.

Saran untuk guru hendaknya model pembelajaran Learning Cycle 5E diterapkan pada mata pelajaran mekanika teknik karena dapat menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan dan menjadikan siswa lebih aktif. Sekolah hendaknya mengadakan pelatihan tentang model pembelajaran untuk menciptakan kondisi belajar yang lebih efektif, salah satunya adalah Learning Cycle 5E. Bagi peneliti lanjutan, disarankan memilih mata pelajaran lain, misalnya mata pelajaran teori dan praktikum. Learning Cycle 5E cocok digunakan untuk mata pelajaran dengan durasi waktu lama.