SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kondisi Fisik Ruang Terhadap Kenyamanan Termal Ruang Publik Di Kampus Universitas Negeri Malang

fidiawati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Fidiawati. 2015. Pengaruh Kondisi Fisik Ruang Terhadap Kenyamanan Termal Ruang Publik di Kampus Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Apif M. Hajji, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D, (II) Ir. Digdo Djoko Purwoko.

 

Kata Kunci: ruang publik, kenyamanan termal, kondisi fisik ruang dan persepsi

Ruang publik di dalam kampus merupakan tempat dimana terjadi berbagai aktivitas mahasiswa, sehingga hal tersebut dituntut untuk memenuhi kenyamanan termal agar pengguna dapat beraktivitas dengan baik dalam ruang tersebut. Sehingga kenyamanan termal merupakan hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan aktivitas dalam ruangan. Penelitian ini membahas tentang pengaruh kondisi fisik ruang terhadap kenyamanan termal di ruang publik (lobi) gedung kampus Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana kondisi fisik ruang dan kondisi termal di ruang lobi tersebut. Kenyamanan termal dipengaruhi oleh kondisi fisik ruang yaitu orientasi bangunan, luasan bangunan, bukaan jendela, material dan warna.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan observasi kondisi fisik ruang, pengukuran terhadap suhu, kelembaban udara dan kecepatan angin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kodisi termal ruang lobi di kampus masuk dalam zona kenyamanan termal. Namun demikian beberapa persepsi mengatakan bahwa mereka memilih menjawab kurang nyaman dalam keadaan tersebut. Hasil kedua adalah membuktikan bahwa kondisi fisik ruang sangat mempengaruhi temperatur dan aliran udara dalam ruangan, terutama pada material jendela kaca yang terlalu luas memberikan jumlah panas yang besar.