SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Laju Sedimen terhadap Kinerja Saluran pada Jaringan Irigasi Waduk Pacal Bojonegoro

Eko Arizal Nurefendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurefendi, E.A. 2014. Pengaruh Laju Sedimen terhadap Kinerja Saluran pada Jaringan Irigasi Waduk Pacal Bojonegoro. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. Wasis, M.T. (II) Drs. Bambang Widarta, M.T.

 

Kata kunci:LajuSedimen, Kinerja Saluran, Jaringan Irigasi.

 

Jaringan irigasi Pacal adalah jaringan irigasi teknis yang disuplay dari sungai Pacal. Dalam perkembangannya sungai Pacal mengangkut banyak sedimen yang akhirnya masuk dan mengendap pada saluran irigasi, dan diperparah dengan belum adanya bangunan penangkap sedimen (BPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi, laju sedimen, kinerja saluran irigasi, pengaruh sedimen terhadap kinerja saluran dan prediksi umur saluran primer jaringan irigasi Pacal Kiri.

Sedimen adalah hasil proses erosi, baik berupa erosi permukaan, erosi parit, atau jenis erosi tanah lainnya. Sedimen yang terdapat di saluran dapat menyebabkan perubahan dimensi saluran dari dimensi asal dan diduga dapat mempengaruhi energi spesifik penampang saluran sehingga dapat mengakibatkan kurang optimumnya kinerja saluran irigas.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif ex post facto. Objek pada penelitian ini adalah saluran primer jaringan irigasi Pacal Kiri dengan panjang sekitar 6,7km. Data penelitian yang berupa bebit aliran, sediment-discharge rating curve, karakteristik butiran dasar dan data teknis perencanaan saluran diperoleh dari Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro. Untuk data lapangan berupaluas penampang basah dan kemiringan dasar saluran sebanyak 5 segmen dengan total panjang 1,708km diperoleh dengan pengukuran langsung dilapangan. Analisis data dimulai denganmenghitung laju sedimen dasar dengan metodeSchocklitsch, Meyer-Peter, Einstein dan  Borland-Maddock, menghitung sedimen layang,menghitung kinerja saluran lapangan, menghitung pengaruh laju sedimen terhadap kinerja saluran, memprediksi kinerja saluran lapangan sampai dibawah 70%. Apabila kinerja lapangan saat ini sudah dibawah 70% maka perhitungan prediksi didasarkan atas anggapan bahwa saluran sudah direvitalisasi (dikeruk) dan mempunyai kinerja 100%.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa saluran primer jaringan irigasi Pacal kiri merukapan irigasi teknis, angkutan sedimen total 1600,560m3/tahun atau sekitar 0,0513m/tahun,kinerja irigasi saat ini sudah dibawah 70% yaitu sekitar 45,281% dengan debit aliran maksimum 1733,175ltr/dtk.Laju sedimen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja saluran pada saluran primer jaringan irigasi Pacal Kiri. Kinerja irigasi dibawah 70% akan terjadi pada tahun ke-8 antara bulan Februari sampai dengan bulan Maret dengan debit aliran maksimum antara 2686,154ltr/dtk sampai dengan 2672,112ltr/dtk.

Revitalisasi saluran irigasi adalah satu-satunya cara agar saluran dapat bekerja secara optimum. Namun perlu dilakukan tindak lanjut seperti pembangunan bangunan penangkapsedimen (BPS) dan konservasi daerah tangkapan air (DTA) sungai pacal agar angkutan sedimen yang masuk dan mengendap pada saluran berkurang dan umur saluran menjadi lebih panjang.