SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Cuaca, Motivasi dan Pendidikan Terhadap Volume Pekerjaan dan Waktu Kerja Tukang pada Proyek Konstruksi di Kota Malang Studi Kasus Proyek Perumahan Permata Jingga, Ijen Nirwana dan De Lavender Town House

Tahsin Fadlulloh Azizi

Abstrak


ABSTRAK

Azizi, Tahsin Fadlulloh. 2015. Pengaruh Cuaca, Motivasi dan Pendidikan Terhadap Volume Pekerjaan dan Waktu Kerja Tukang pada Proyek Konstruksi di Kota Malang Studi Kasus Proyek Perumahan Permata Jingga,  Ijen Nirwana dan De Lavender Town House. Skripsi,Program Studi S1 Teknik Sipil  Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T, (2) Imam Alfianto, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Cuaca, Motivasi, Pendidikan, Volume Pekerjaan, Waktu Kerja

 

Setiap proyek konstruksi memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan usaha yang minimal. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap tujuan tersebut adalah produktivitas tukang. Banyak faktor yang mempengaruhi produktifitas kerja tukang pada proyek konstruksi. Cuaca yang kurang baik merupakan salah satu faktor yang menyebabkan produktivitas kerja tukang. Motivasi kerja  dan tingkat pendidikan tukang juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi produktifitas kerja tukang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cuaca, motivasi dan pendidikan terhadap volume pekerjaan dan waktu pekerjaan tukang.

Penelitian ini merupakan penelitian ex post fakto. Subjek dalam penelitian ini adalah semua tukang batu yang bekerja pada proyek pembangunan dan pengembangan perumahan Permata Jingga, Ijen Nirwana dan De Lavender Town House yang berjumlah 132 tukang batu, sementara sampel yang diambil berjumlah 55 tukang batu. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis MANOVA.

Hasil analisis data, diperoleh (1) kondisi cuaca cerah, mendung dan hujan berdasarkan suhu, kelembaban udara, tekanan udara, kecepatan angin dan curah hujan rata-rata normal, motivasi dari tukang masuk dalam kategori tinggi, pendidikan dari tukang batu rata-rata tamat SMP/sederajat, sedangkan untuk pendidikan non formal rata-rata tukang batu lebih dari 2 kali mengikuti pelatihan, volume pekerjaan tukang yang dihasilkan pada saat kondisi cuaca cerah termasuk kategori rendah, kondisi cuaca mendung termasuk kategori sedang dan pada saat kondisi cuaca hujan termasuk kategori rendah, sedangkan untuk waktu kerja tukang pada ketiga kondisi yaitu kondisi cuaca cerah, mendung dan hujan termasuk kategori sangat baik  (2) ada pengaruh signifikan cuaca terhadap volume pekerjaan maupun waktu kerja, (3) tidak ada pengaruh signifikan motivasi terhadap  volume pekerjaan maupun waktu kerja tukang (4) tidak ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal terhadap volume pekerjaan maupun waktu kerja tukang.