SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DESAIN PERMODELAN SAMBUNGAN BALOK-KOLOM PRACETAK TERHADAP BEBAN MONOTONIK

Mesra Surya Ariefin

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariefin, Mesra Surya. 2015. Desain Permodelan Sambungan Balok-Kolom Pracetak Terhadap Beban Monotonik. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Edi Santoso, M.T. (II) Drs. EkoSetyawan, S.T, M.T.

Kata Kunci: desain permodelan, sambungan balok-kolom pracetak, beban monotonik.

Pertemuan balok dan kolom pada bangunan pracetak merupakan bagian yang  harus diperhatikan karena sangat rawan untuk daerah gempa. Sehingga perlu adanya pengembangan desain sambungan balok-kolom pracetak yang mampu menahan gempa yang terjadi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku lentur dan geser, distribusi tegangan lentur dan geser,  dan kompabilitas atau daktilitas desain sambungan balok-kolom pracetak C-C akibat beban monotonik.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Metode penelitian pengembangan sendiri adalah metode yang digunakan untuk pengembangan desain atau produk yang telah ada.

Desain sambungan balok-kolom pracetak yang di  kembangkan adalah sambungan balok-kolom pracetak C 125x125x15 dan square box SB 130x90x15 milik budianto. Sebelum membandingkan hasil dengan sambungan milik budianto,  peneliti membandingkan dengan desainnya sendiri sambungan balok-kolom pracetak dengan variasi tebal pelat 13 mm, 15 mm, dan 20 mm dan mendapatkan hasil sambungan balok-kolom pracetak dengan ketebalan pelat 15 mm yang paling baik. Setelah mendapatkan hasil desain yang paling baik, peneliti membandingkan desain sambungan balok-kolom pracetak C-C dan model sambungan Budianto dengan hasil perilaku lentur dan geser pada sambungan balok-kolom pracetak C-C di bawah tegangan ijin lentur dan geser, sedangkan perilaku lentur model sambungan Budianto berada di atas tegangan ijin lentur dan tegangan geser masih di bawah tegangan ijin geser. Untuk tingkat daktilitas sambungan balok-kolom pracetak C-C adalah R = 8,5 atau daktilitas penuh, sedangkan sambungan balok-kolom pracetak  C 125x125x15 dan square box SB 130x90x15 adalah R = 3 atau daktlitas parsial.