SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengendalian Mutu Beton Menggunakan Metode Statistical Procces Control (SPC) Pada Proses Produksi Beton Precast (Studi Kasus PT.Wijaya Karya Beton)

AGUNG CAHYO UTOMO

Abstrak


ABSTRAK

 

Utomo, Agung Cahyo. 2015. Pengendalian Mutu Beton Menggunakan  Metode Statistical Procces Control (SPC) Pada Proses Produksi Beton Precast (Studi Kasus PT.Wijaya Karya Beton). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R. M. Sugandi, M.T. (II) Drs.Sonny Wedhanto, M.T.

Kata Kunci:Statistical Procces Control (SPC), Proses Produksi, Pengendalian Mutu Beton.

Statistical Procces Control(SPC) adalah salah satu metode kendali proses yang dapat mendeteksi adanya kesalahan dini dalam proses produksi. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan metode SPC pada pengendalian kualitas kontrol produksi  tiang pancang produksi dari PT.Wijaya Karya Beton.

Disain  penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel diambil dari dokumen data inspeksi proses produksi milik Bagian Teknik dan Mutu PT.Wijaya Karya Beton. Pengolahan data menggunakan metode SPC, analisis dilakukan dalam dua carayaitu: Peta Kendalidan diagram X &R.

Hasil penelitian: (1) Secara statistik tidak terjadi penyimpangan pada proses penulangan, placing, compacting dan curing. (2) Secara statistik pada proses batching dan mixing dikatakan tidak terkendali; enam indikator diagram kendali menunjukkan terjadinya penyimpangan, sebagian besar terjadi pada shift malam; penyebabnyaadalah 3M (man, machine, method); metode pengkondisian material dalam keadaan SSD menjadi indikasi utama terjadinya penyimpangan. (3) Kontrol proses produksi berdasarkan uji slump dan uji kuat tekan secara statistik terkendali. (4) Metode SPC terbukti mampu mengukur kinerja proses produksi agar terhindar dari penyimpangan.