SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMAHAMAN SISWA TENTANG EQUAL SIGN DALAM MENYELESAIKAN TUGAS MATEMATIKA

SETIAWAN BUDI SARTATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Equal sign adalah sebuah tanda yang digunakan sebagai penghubung pada kalimat kesetaraan. Equal sign diuraikan menjadi tiga bagian, di antaranyaequal sign sebagai operational yaitu untuk menunjukkan hasil, equal sign sebagai basic relational yaitu menyatakan kesamaan hasil operasi, dan equal sign sebagai substitution yaitu menyatakan penggantian satu representasi dengan yang lain.Hasilobservasimenunjukkanbahwasiswaterpakupadapandanganequal sign hanyasebagaioperational, haliniterlihatdarikekeliruanmunculuntukpadapernyataan yang berlanjut, misalnya . Menanggapihaltersebut, penelitimelakukanpenelitianuntukmendeskripsikanpemahaman siswa tentang equal sign dalammenyelesaikantugasmatematika.

Penelitianinitermasukdalampenelitiandeskriptifkualitatif.Pada penelitian, data yang dikumpulkan merupakan data hasil kerja siswa dan data verbal (hasilwawancara). Subjek penelitiannya adalah 6 siswa kelas VII MTs Attariqie Malang tahun pelajaran 2014/2015, dengan perincian 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Pemahamansiswatentangequal sign selanjutnyadikajidenganmemberikantesdanwawancarapadaenamsubjekpenelitian. Wawancara dilakukan secara individu setelah siswa mengerjakan soal secara individu. Adapuntugasmatematikamemuatpermasalahanaritmetikadanaljabar.

Berdasarkanhasilpenelitian, semuasubjekmampumemahamiequal sign sebagaioperationaldanequal sign sebagaisubstitution.Untukequal sign sebagaibasic relational, hanyasiswa yang berkemampuantinggi yang mampumemahaminya.Pemahaman siswa-siswa yang berkemampuansedangdanrendah yang sudah mengakar  pada pola operasional yaituequal sign sebagaioperationalmenyebabkankekeliruanmemahamiequal sign sebagaibasic relational,misalnya dimana siswa hanya memperhatikan hasil operasi ditambah   yaitu sama dengan  tanpa memperhatikan hubungan operasi penjumlahan dengan .