SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MODEL HYBRID PADA MATA PELAJARAN SURVEI DAN PEMETAAN DI SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

RISKI HANDOKO

Abstrak


ABSTRAK

 

Mata pelajaran Survei dan Pemetaan yang ada padakompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB), Teknik Konstruksi Kayu (TKK), dan Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKB) di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung merupakan mata pelajaran tambahan. Dari hasil observasi didapat siswa kesulitan memahami mata pelajaran Survei dan Pemetaan.

Tujuan penelitian tentang pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Survei dan Pemetaan ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis websitemodel hybrid, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis websitemodel hybrid. Manfaat dari pengembangan mediapembelajaranini adalah siswa mudah mempelajari dan memahami materi pelajaran.Data yang digunakan dalam penelitian berupadata kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif adalah hasil wawancara kepada beberapa guru dansiswa, sedangkan data kuantitatif adalah penilaian kelayakan media pembelajaran oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan 34 siswa responden.

Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis website model hybrid dapat diakses di alamat situs http://www.smknboyolangu.net. Hasil uji kelayakanmedia pembelajaran dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak untuk digunakan (CV = 0,70 > 0,65), uji kelayakanmateri pelajaranpada media pembelajaran dapat disimpulkan bahwa materipada media pembelajaran layak untuk digunakan (CV = 1,00 >0,65), dan uji keterbacaanmedia pembelajaran oleh siswaresponden dapat disimpulkan bahwa keterbacaan media pembelajaran cukup baik.

Media Pembelajaran Berbasis Website Model Hybrid berdasarkan uji kelayakan penggunaan media dan materi dalam media dapat digunakan pada semua mata pelajaran terutama untuk menjelaskan teori, tetapi tidak memadai untuk menjelaskan materi praktikum.