SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN NILAI UJIAN NASIONAL TINGKAT SMP/MTs DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PROBOLINGGO

MUHARROM ZULVIAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Zulvian, Muharrom. 2015. Hubungan NUN tingkat SMP/MTs dengan Prestasi Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo.Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. H. Suparno, S.T., M.T. (II) Drs. H. Ir. Sudomo, M.MT.

Kata Kunci: NUN SMP, Prestasi Belajar

Menggambar dengan Perangkat Lunak merupakan mata pelajaran penting dalam mencapai tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan. Namun dari hasil pengamatan peneliti, diketahui siswa kurang menguasai perintah AutoCAD. Padahal bahasa Inggris dan matematika telah dipelajari di tingkat SMP/MTs. Sehingga siswa yang memiliki NUN bahasa Inggris dan Matematika yang baik seharusnya mampu menguasai perintah AutoCAD dengan baik dan prestasi belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MPL) juga baik.

Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan antara NUN mata pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs dengan prestasi belajar MPL, (2) hubungan antara NUN mata pelajaran Matematika SMP/MTs dengan prestasi belajar MPL, dan (3) Hubungan antara NUN mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika SMP/MTs dengan prestasi belajar MPL.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel, yaitu NUN mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika SMP/MTs sebagai variable bebas, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran MPL sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment dan ANOVA. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo yang berjumlah 64 siswa. Dengan simple random sampling diambil sampel sebanyak 32 siswa.

Hasil penelitian: (1) tidak ada hubungan antara NUN mata pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran MPL, (2) tidak ada hubungan antara NUN mata pelajaran Matematika SMP/MTs dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran MPL, dan (3) tidak ada hubungan secara bersama-sama antara NUN mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika SMP/MTs dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran MPL. Dari hasil penelitian ini disarankan pihak sekolah tidak hanya menggunakan NUN untuk seleksi penerimaan siswa baru, tetapi juga dapat menggunakan metode seleksi yang lain, misalnya penulusuran bakat dan minat, tes tulis atau metode seleksi metode seleksi yang dianggap valid untuk mengukur kompetensi calon siswa.