SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Kurikulum 2013 pada PembelajaranProgram Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Jenangan KabupatenPonorogo

AJI . IRWANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Irwanto, Aji. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo,Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H. A.Dardiri, M.Pd, (II) Drs. I Made Oka Mulya, M. Pd

Kata kunci: Implementasi kurikulum 2013, SMK

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran yang terdiri dari: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran kelompok matapelajaran normatif, adaptif, dan produktif Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data digunakan dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis diskriptif mencakup distribusif rekuensi dan rerata.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran kelompok mata pelajaran normatif, adaptif, dan produktif termasuk kategori sangat baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran kelompok mata pelajaran normatif, adaptif, dan produktif termasuk kategori sangat baik, (3) Evaluasi pembelajaran kelompok matapelajaran normatif, adaptif, dan produktif termasuk kategori sangat baik.

Mengacu pada kesimpulan di atas, diajukan beberapa saran yaitu (1) Kepada kepala sekolah disarankan untuk mempertahankan capaian keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran. (2) Kepada guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan, Bahasa Inggris, Sejarah Indonesia, Ukur Tanah, dan Gambar Konstruksi Bangunan untuk lebih meningkatkan dalam hal evaluasi pembelajaran karena masih dalam kategori yang baik.