SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Soal yang Dibuat oleh Guru pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Kota Malang

Lailatul Maghviroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Maghviroh, Lailatul. 2015. Analisis Soal yang Dibuat oleh Guru pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II) Drs. Ir. H. Sudomo, M.M.T.

 

Kata kunci: tingkat ranah, analisis soal, kompetensi guru, teknik gambar bangunan

Soal yang baik akan mampu mengukur keberhasilan suatu proses  pembelajaran dengan benar, untuk mengetahui apakah soal yang digunakan baik atau tidak maka dilakukan evaluasi butir soal yang bertujuan untuk mengidentifikasi soal-soal yang baik, kurang baik, dan jelek. Dengan analisis butir soal dapat diperoleh informasi tentang kualitas sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) penyebaran tingkat ranah soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru, (2) analisis kualitas soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang.

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, dengan data yang diperoleh berupa dokumen soal ujian akhir semester buatan guru di SMK Negeri 6 Malang untuk mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan sejumlah 1545 butir soal, dan  jawaban peserta didik dari soal tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat berfikir soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru didominasi oleh berfikir tingkat rendah pada tingkat pengetahuan dan pemahaman terlalu besar. Tingkat aplikasi dan anlisis terlalu kecil. Tingkat evaluasi dan kreativitas tidak tersedia, (2) analisis kualitas soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru berada dalam kategori jelek dengan hasil validitas soal sangat jelek, indeks kesukaran didominasi soal mudah, daya pembeda soal jelek, reliabiltas soal dengan kriteria rendah, dan fungsi distraktor tidak berfungsi.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran yang dapat diberikan adalah: (1) guru kelompok mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif hendaknya selalu meningkatkan kompetensinya sehingga kegiatan evaluasi melalui penilaian dengan menggunakan tes bentuk pilihan ganda benar-benar dapat mengukur sejauh mana peserta didik menangkap materi yang telah diajarkan guru, (2) kepala sekolah hendaknya memfasilitasi guru untuk bisa mengikuti kegiatan pelatihan penyusunan soal, seperti mengadakan seminar atau pelatihan untuk guru tentang tata cara pembuatan soal yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, (3) peneliti selanjutnya diharapkan bisa melanjutkan pada populasi yang lebih luas untuk mengetahui kualitas soal yang dibuat oleh guru secara luas.