SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kualitas Kenyamanan Visual dan Akustik Masjid Perguruan Tinggi di Kota Malang (Studi Kasus Al-Hikmah, A.R. Fachruddin dan At-Tarbiyyah)

Ma'ruf Khudori

Abstrak


ABSTRAK

 

Khudori, Ma’ruf. 2015. Kualitas Kenyamanan Visual dan Akustik Masjid Perguruan Tinggi di Kota Malang (Studi Kasus Al-Hikmah, A.R. Fachruddin dan At-Tarbiyah). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Apif M. Hajji, S.T., M.T., M.Sc., P.hD (II) Ir. Digdo Djoko Purwoko.

 

Kata kunci: Kenyamanan Visual, Kenyamanan Akustik, Masjid, Perguruan Tinggi, Kota Malang

Masjid adalah simbol keislaman. Masjid perguruan tinggi di kota Malang merupakan masjid yang selalu ramai jama’ah pada waktu sholat dzuhur, ashar dan sholat jum’at. Berdasarkan portal statistik mahasiswa di website resmi perguruan tinggi Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim dan Universitas Muhammadiyah adalah perguruan tinggi dengan populasi mahasiswa muslim lebih dari 96%, sehingga kenyamanan masjid harus menjadi poin penting untuk diperhatikan. Pentingnya kenyamanan dan kekhusyukan beribadah sangat dipengaruhi oleh kualitas pencahayaan dan kondisi mendengar (akustik) di dalam ruang masjid.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas kenyamanan visual (pencahayaan alami) pada masjid perguruan tinggi di kota Malang, (2) mengetahui kualitas kenyamanan akustik (kekerasan, kejelasan dan kehidupan suara) pada masjid perguruan tinggi di kota Malang, (3) sebagai bahan masukan dan pertimbangan lembaga (ta’mir masjid) dalam mengambil langkah pada masa yang akan datang untuk lebih memperhatikan kenyamanan visual dan akustik masjid.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Objek dari penelitian ini adalah kenyamanan visual dan akustik masjid perguruan tinggi di kota Malang.  Objek penelitian adalah (1) Masjid Al-Hikmah, Universitas Negeri Malang (2) Masjid A.R. Fachruddin, Universitas Muhammadiyah Malang (3) Masjid At-Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Analisis data yang digunakan adalah dengan mencari nilai rata-rata, nilai minimum dan maksimum dari setiap parameter kenyamanan. Hasil dari analisis akan menunjukkan tingkat kenyamanan berdasarkan standar kualitas kenyamanan yang telah ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga masjid memiliki kualitas kenyamanan visual dan akustik yang baik. Tingkat rata-rata intensitas cahaya (1) Masjid Al-Hikmah sebesar 315 Lux, (2) Masjid A.R. Fachruddin sebesar 248 Lux dan (3) Masjid At-Tarbiyah sebesar 1321 Lux, nilai tersebut sudah nyaman untuk aktivitas ibadah namun belum memenuhi standar kualitas membaca yang baik yaitu sebesar 400 Lux (Satwiko, 2003). Untuk kualitas kenyamanan akustik dari ke 5 parameter akustik (SPL, Distribusi suara, NL, RT60 dan %ALCons) hanya tingkat bising latar belakang (Noise Level, NL) belum memenuhi standar kualitas kenyamanan akustik yaitu sebesar 35-40 dBA. Dengan demikian  dapat diketahui  tingkat kualitas kenyamanan visual dan akustik masing-masing masjid Perguruan Tinggi di Kota Malang.