SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Diklat Rencana Anggaran Biaya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kontruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari.

alvin dwi resmana

Abstrak


ABSTRAK

 

Resmana,Alvin D. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Diklat Rencana Anggaran Biaya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kontruksi Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. A. Dardiri, M.Pd. (II) Drs. Mujiyono, M.Pd.

 

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, mata diklat Rencana Anggaran Biaya

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah dengan cara perbaikan proses kegiatan pembelajaran. Jika model penerapan pembelajaran yang diterapkan oleh guru mampu mendorong dan menuntut siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajarnya, maka dapat didapatkan prestasi dan efektifitas belajar siswa akan mengalami peningkatan.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada mata diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB) siswa kelas XI TKB di SMK Negeri I Singosari, dan (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Rencana Anggaran Biaya kelas XI TKB di SMK Negeri I Singosari setelah diterapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: dokumentasi untuk mengetahui keterlaksanaan model PBL, observasi dan tes tertulis untuk mengetahui penigkatan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran PBL pada mata diklat Rencana Anggaran Biaya di kelas XI TKB1 SMK Negeri 1 Singosari sudah terlaksana sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), langkah-langkah pembelajarannya meliputi penentuan proyek, perancangan langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek, penyusunan laporan beserta presentasi dan evaluasi, dan (2) Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I, siklus II, siklus III.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru: (1) Guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek ini sebagai variasi dalam proses pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) siswa diharapkan dapat menemukan pengetahuan baru dan variasi dalam cara belajar dengan penerapan model pembelajaran PBL dan (3) dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa disekolah secara umumnya.