SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Pelaksanaan Lesson Study Pada Program Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang Di Sekolah Menengah Kejuruan

QOIRUS SABILATUL QUSNA

Abstrak


ABSTRAK

 

Qusna, Qoirus, Sabilatul. 2014. Efektifitas Pelaksanaan Lesson Study Pada Program Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang Di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena, M. Pd, M.T., (II) Drs. Hadi Wasito, Dip. Ed. M. Pd.

 

Kata Kunci: Efektifitas, Lesson Study, Program Praktik Pengalaman Lapangan.

Universitas Negeri Malang yang berupaya membentuk lulusan pendidik profesional melalui pelaksanaan PPL berbasis lesson study. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat bekerja secara berkolaboratif antar mahasiswa dan guru pamong dalam mengelola kelas untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan lesson study pada program praktik pengalaman lapangan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang di Sekolah Menengah Kejuruan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPL program studi pendidikan teknik bangunan tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 110 mahasiswa dan guru pamong yang berjumlah 43 guru. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 mahasiswa dan 20 guru pamong. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) pemahaman mahasiswa tentang lesson study sebanyak 40% paham dan pemaham guru pamong sebanyak 70% paham.  2) Pelaksanaan lesson studymenurut mahasiswa dan guru pamong pada kategori sering dilaksanakan, 3) Hambatan mahasiswa PPL dalam pelaksanaan lesson study yaitu kesiapan mahasiswa menjadi guru model, perencanaan pembelajaran, fasilitas sekolah dan sangat menghambat partisipasi pihak sekolah. Maka dapat pelaksanaan lesson study pada program PPL mahasiswa prodi PTB di SMK dalam kategori efektif.

Berdasarkan penelitian tersebut saran yang dapat diberikan adalah UPT PPL diharapkan lebih meningkatkan pembekalan tentang lesson study terhadap mahasiswa dan guru pamong, mahasiswa diharapkan lebih serius dalam melaksanakan lesson study saat PPL.