SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisa Umur, Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Peluang Kerja Karyawan Pada Perusahaan Jasa Konstruksi

Kristian Eko Priambudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Priambudi, Kristian Eko. 2015. Analisa Umur, Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Peluang Kerja Karyawan pada Perusahaan Jasa Konstruksi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I)Drs. H. Suparno, S.T., M.T. (II) Drs. N. Bambang RevantoroS.T., M.T.

 

Kata kunci:SDM, Umur, Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Peluang Kerja, Perusahaan Jasa Konstruksi.

 

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas SDM seperti batasan umur, tingkat pendidikan minimal dan lamanya pengalaman kerja.Faktor-faktor tersebut merupakan syarat yang seringkali diajukan perusahaan dalam melakukan penarikan karyawan yang secara tidak langsung menjadikan faktor-faktor tersebut sebagai peluang diterima atau tidaknya calon karyawan untuk bekerja di perusahaan, tak terkecuali perusahaan jasa konstruksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan faktor apa yang paling berpengaruh dari faktor umur,  tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap peluang kerja karyawan pada perusahaan jasa konstruksi.

Subyek penelitian ini adalah peluang kerja sebagai tenaga ahli, terampil dan administrasi pada perusahaan jasa kontruksi apabila mengerjakan proyek bangunan bertingkat. Data penelitian diperoleh dari 10 perusahaan jasa konstruksi yang berdomisili atau mengerjakan proyek bangunan bertingkat 3 lantai atau lebih di daerah Malang Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  teknik wawancara, kuisioner dan observasi non partisipan. Peluang kerja merupakan data nominal berbentuk dummy yang artinya diterima atau ditolak dan ketiga variabel independen merupakan data ordinal yang sudah diklasifikasi menggunakan rating scale. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi logistik sederhana dan ganda dengan bantuan SPSS v17.

Regresi logistik sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh umur, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap peluang kerja, sedangkan regresi logistik ganda digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ketiga variabel independen tersebut secara bersama-sama terhadap peluang kerja. Regresi logistik ganda juga digunakan untuk memprediksi faktor yang paling berpengaruh dari ketiga variabel independen terhadap variabel dependennya. Setelah dilakukan analisis didapatkantingkat signifikansi (P value) untuk pengujian hipotesis dan nilai β terbesar dalam model regresi untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap peluang kerja sebagai tenaga ahli, terampil, dan administrasi.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor umur, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja mempunyai pengaruh positif terhadap peluang kerja sebagai tenaga ahli, tenaga terampil dan tenaga administrasi sedangkan faktor yang paling berpengaruh positif terhadap peluang kerja adalah pengalaman kerja.