SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kualitas Kenyamanan Ruang Kantor Administrasi pada Fakultas-fakultas di Universitas Negeri Malang

Ayu Astria, Ayu Astria

Abstrak


ABSTRAK

 

Astria, Ayu. 2014. Studi Kualitas Kenyamanan Ruang Kantor Administrasi pada Fakultas-fakultas di Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Imam Alfianto, S.T., M.T., (II) Drs. Eko Setyawan, S.T, M.T.

 

Kata kunci: Kenyamanan Ruang, Tata Ruang Kantor, Uji Beda T

Kantor administrasi pada perguruan tinggi merupakan pusat informasi bagi mahasiswa maupun dosen, pusat pelayanan perkantoran dan meliputi proses penyelenggaran kegiatan tata usaha. Dalam peningkatan kinerja pegawai dalam melaksanakan kegiatan perkantoran, salah satu faktor yang menunjang kinerja adalah kenyamanan ruang. Penataan ruang kantor yang baik mampu memberikan kesan positif terhadap pengguna ruang, sehingga pengguna ruang lebih termotivasi serta memiliki semangat dalam bekerja. Selain itu, penataan ruang yang sesuai dengan standar nasional yang telah ditentukan juga mempengaruhi kenyamanan pengguna ruang. Oleh karena itu, semua aspek pendukung kenyamanan ruang kantor perlu diperhatikan, termasuk elemen penyusun ruang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kenyamanan pegawai baik itu pimpinan atau staf terhadap elemen-elemen penyusun ruang, yang meliputi: (1) luas ruang, (2) warna ruang, (3) penataan perabot, (4) sirkulasi, (5) kenyamanan thermal/suhu, (6) kenyamanan audio/akustik dan (7) kenyamanan visual/pencahayaan. Pada penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah jabatan berpengaruh dalam penentuan persepsi kenyamanan ruang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah semua pegawai yang bekerja di kantor administrasi fakultas yang ada dilingkungan kampus Universitas Negeri Malang.  Subjek penelitian berjumlah 160 pegawai yang terdiri dari 29 pimpinan dan 131 staf. Analisis data yang digunakan adalah dengan mencari nilai mean serta prosentase dari setiap indikator dan Uji beda T . Tujuan dilakukannya Uji beda T adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi antara pengguna ruang level pimpinan dengan pengguna ruang level staf mengenai kenyamanan ruang kantor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan semua fakultas dilingkungan kampus Universitas Negeri Malang merasa nyaman terhadap elemen penyusun ruang, terkecuali Fakultas Ekonomi. Persepsi pengguna ruang level pimpinan menyatakan nyaman terhadap elemen-elemen penyusun ruang dengan prosentase sebesar 69,92%. sedangkan persepsi pengguna ruang level staf menyatakan nyaman dengan elemen-elemen penyusun ruang dengan prosentase yang lebih rendah dibanding level pimipnan yaitu 65,44%. Berdasarkan hasil Uji beda T yang dilakukan memberikan hasil t hitung 3,284 > t tabel 1,6545 dengan taraf signifikasnsi α = 0,05. Dengan demikian  dapat diketahui  bahwa terdapat perbedaan persepsi antara level pimpinan dan level staf mengenai kualitas kenyamanan ruang kantor administrasi gedung fakultas di kampus Universitas Negeri Malang.