SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH SOFT SKILL TERHADAP PELAKSANAAN MATA KULIAH PRAKTIK INDUSTRI DI JURUSAN TEKNIK SIPIL PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Eka Mardiyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiyanto, Eka. 2015. Pengaruh Soft Skill Terhadap Pelaksanaan Mata Kuliah Praktik Industri di Jurusan Teknik Sipil Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Setyawan, S.T, M.T, (II) Pranoto, S.T., M.T.

 

Praktik Industri merupakan suatu bentuk pendidikan yang  melibatkan peserta didik langsung bekerja di dunia usaha atau dunia industri (Purna, 2012:3). Dengan adanya Praktik industri, lulusan pendidikan kejuruan siap masuk ke pasar kerja karena memiliki keahlian profesional. Namun, berdasarkan penelitian awal terhadap10 orang mahasiswa yang telah melaksanakan PI mengindikasikan bahwa pelaksanaan Praktik Industri pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan belum optimal. Permasalahan tersebut disebabkan karena kurangnya penerapan soft skill pada saat pelaksanaan matakuliah Praktik Industri.

Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1)bagaimana gambaran soft skill mahasiswa dalam halintra personal skill dan interpersonal skill pada pelaksanaan mata kuliah Praktik Industri?, (2) bagaimana gambaran pelaksanaan matakuliah Praktik Industri dalam hal proses pelaksanaan di lapangan dan pelaporan PI?, (3) bagaimana pengaruh softskill terhadap pelaksanaan mata kuliah Praktik Industri?, dan (4) bagaimana konstribusi pengaruh yang diberikan oleh soft skill terhadap pelaksanaan mata kuliah Praktik Industri?.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif inferensial. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu soft skill sebagai variabel bebas dan pelaksanaan Praktik Industri sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan menggunakan Nomogram Herry King didapatkan jumlah sampel sebanyak 45 orang mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan yang memprogram mata kuliah Praktik Industri pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala likert. Analisis data yang digunakan terdiri dari: (1) uji kelayakan instrumen, (2) analisis statistik deskriptif, (3) uji hipotesis dengan regresi linier sederhana, dan (4) uji koefisien determinasi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah gambaran kemampuan soft skill yang dimiliki oleh mahasiswa tergolong dalam kategori baik, dan gambaran pelaksanaan mata kuliah Praktik Industri juga tergolong dalam kategori baik. Hasil analisis statistic inferensial menunjukkan bahwa soft skill berpengaruh positif terhadap pelaksanaan mata kuliah Praktik Industri dan konstribusi pengaruh dari soft skill terhadap pelaksanaan mata kuliah Praktik Industri sebesar 55,9%.