SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kondisi Sarana dan Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang

tan wigih rananggono

Abstrak


ABSTRAK

 

Rananggono,  Tan  Wigih.  2013.  Hubungan  Kondisi  Sarana  dan  PrasaranaBelajar  Terhadap  Prestasi  Belajar  Siswa  Teknik  Gambar  Bangunan  diSMK  Nasional  Malang.  Skripsi,  Program  Studi  S1  Pendidikan  TeknikBangunan  Fakultas  Teknik Universitas Negeri Malang.  Pembimbing:  (I)Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T. (II) Drs. H. Bambang Widarta, M.T.

 

Kata kunci: Kondisi sarana, kondisi prasarana, prestasi belajar.

Sarana adalah  semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang  secaralangsung  digunakan  dalam  proses  pendidikan  di  sekolah,  sedangkan  prasaranaadalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjangpelaksanaan proses pembelajaran. Dijelaskan bahwa kondisi sarana dan prasaranabelajar  merupakan  semua  kondisi  peralatan,  bahan  dan  perabot  yang  secaralangsung  digunakan  dalam  proses  pendidikan  di  sekolah  dan  semua  kondisiperangkat kelengkapan dasar yang secara  tidak  langsung menunjang pelaksanaanproses  pembelajaran,  dalam  dua  hal  tersebut  apakah  terdapat  hubungan  denganprestasi belajar  siswa. Prestasi belajar  itu  sendiri adalah hasil belajar siswa yangdapat diketahui dari tingkah laku, pengetahuan serta dapat dilihat dari hasil belajardi sekolah.

Tujuan  penelitian  ini  adalah  mengetahui  hubungan  kondisi  sarana  danprasarana belajar siswa teknik gambar bangunan terhadap prestasi belajar siswa diSMK  Nasional  Malang.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi terhadap siswaTeknik Gambar Bangunan. Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitianini adalah metode deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif

Hasil  penelitian  ini,  bahwa  hipotesis  (H0)  diterima  yaitu  “ Tidak  adahubungan yang signifikan  terhadap kondisi sarana dan prasarana dengan prestasibelajar  siswa  Teknik  Gambar  Bangunan  di  SMK  Nasional  Malang”.  Kondisisarana dan prasarana belajar di SMK Nasioanal Malang dinyatakan dalam angketdari  pendapat  siswa  dalam  keadaan  baik  dan  prestasi  belajar  siswa  diambil  daridaftar nilai semester ganjil menyatakan bahwa hasil belajar siswa dari hasil nilaisumatif dalam keadaan cukup.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kondisi sarana dan prasaranabelajar siswa kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan yang baik tidakberpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Nasional Malang,hal tersebut dikarenakan banyak faktor yang mempengarui prestasi belajar yaituFaktor dari dalam diri seseorang (intrinsic) dan Faktor dari luar seseorang(extrinsic)