SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kenyamanan Studio Gambar Dengan Prestasi Belajar Dalam Mata Diklat Menggambar Teknik Bangunan Siswa SMK Negeri 3 Boyolangu

Choirul Uki Tri handoko

Abstrak


SMK merupakan salah satu bagian lembaga pendidikan di Indonesia yang penting dalam mencetak tenaga kerja yang terampil. SMK juga dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia kerja. Oleh karena itu SMK jurusan menggambar teknik bangunan harus memiliki bangunan kelas yang menunjang dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bangunan kelas harus memiliki kenyamanan tata ruang. Karena dengan rasa nyaman di dalam kelas siswa lebih giat belajar di kelas. Kenyamanan studio gambar ini meliputi kenyamanan thermal, visual, dan audial.

Kondisi nyaman atau tidak nyamannya pada studio gambar dapat dirasakan langsung oleh siswa/pengguna yang diungkapkan dengan persepsi mereka . Sistem persepsi yang berpengaruh untuk menilai kenyamanan studio gambar adalah sistem penglihatan, sistem pendengaran, sistem cita rasa, sistem peraba (haptic).

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini dengan cara mengumpulkan data mengenai persepsi siswa terhadap kenyamanan studio gambar. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional dalam bentuk survei dan angket. Untuk uji hipotesis analisa korelasional menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Kedua uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa data yang dianalisa normal dan linier. Oleh sebab itu untuk mencari hubungan kedua variabel menggunakan teknik analisa Product Momen Pearson.

Data menunjukkan bahwa di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung pada aspek kenyamanan studio gambar rata-rata adalah nyaman. Sistem yang berperan untuk kenyamanan thermal adalah sistem sistem peraba. Untuk aspek kenyamanan visual sistem yang berperan adalah sistem penglihatan. Sedangkan kenyamanan audial sistem persepsi yang berperan adalah sistem pendengaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang siginfikan antara tingkat kenyamanan studio gambar dengan prestasi belajar.