SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Materi Dasar-dasar Proyeksi Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Gambar Teknik Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang

M. Musthofa Al Ansyorie

Abstrak


ABSTRAK

Ansyorie, M. Musthofa Al. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Materi Dasar-dasar Proyeksi Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Gambar Teknik Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I, Ir. Dian Ariestadi, M.T. Pembimbing II, Drs. Eko Setyawan, S.T., M.T.

Kata kunci: media pembelajaran, animasi, dasar-dasar proyeksi

    Sebagai salah satu komponen pokok dalam proses penyampaian dalam pembelajaran media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting. Pengembangan media pembelajaran dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk yang dapat digunakan  dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk dari media pembelajaran adalah media pembelajaran berbasis animasi. Dengan menggunakan animasi proses transfer pesan atau pengetahuan dari seorang pendidik diharapkan dapat tersampaikan secara maksimal kepada peserta didik. Hasil observasi yang dilakukan didapatkan suatu temuan bahwa khusus pada materi pelajaran proyeksi siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Dalam memahami materi proyeksi ini memerlukan imajinasi dan kemampuan membayangkan konsep proyeksi jika tidak ada contoh nyata dalam pembelajaran. Maka berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi proyeksi yang sudah ada ke dalam media pembelajaran berbasis animasi.

    Model penelitian yang digunakan menggunakan model penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan media; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi ahli; (5) analisa dan revisi hasil validasi; (6) uji coba kelompok besar; serta, (7) analisis dan revisi produk akhir. Validasi dilakukan terhadap produk awal oleh 2 orang ahli media dan 3 orang ahli materi. Selain itu juga media pembelajarna ini diujicobakan pada siswa kelas X GB 1 dan X GB 2 SMKN 6 Malang untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media ini. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar respon siswa dan kemudian dianalisa.

    Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran berupa file presentasi yang berbasis animasi dan dilengkapi dengan video animasi untuk materi dasar-dasar proyeksi. Hasil yang didapatkan dari validator adalah nilai rata-rata penilaian  oleh ahli media sebesar 3,54 yang tergolong valid atau jika diprosentasekan sebesar 88,5%. Sedangkan untuk rata-rata penilaian dan prosentase penilaian oleh ahli materi adalah 3,38 dengan prosentase sebesar 84,6%. Untuk nilai rata-rata respon siswa terhadap media pembelajaran secara keseluruhan sebesar 3,22 dengan prosentase 80,4%. Jadi dapat disimpulkan media pembelajaran yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid dan layak untuk digunakan. Untuk pengembangan lebih lanjut, media ini dapat dibuat menjadi lebih interaktif sehingga tidak perlu pendampingan guru saat menggunakan media ini.