SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KENYAMANAN TATA RUANG KAMPUS DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Julkarnain .

Abstrak


                                                                 ABSTRAK

 

Julkarnain. 2012. Persepsi Mahasiswa terhadap Kenyamanan Tata Ruang Kampus Universitas Negeri Malang. Skripsi, Pendidikan Teknik Bangunan FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ir.Dian Ariestadi, M.T. (2) Drs. Boedi Rahardjo, M. Pd. M.T

Kata kunci: Persepsi, Persepi Mahasiswa, Kenyamanan Tata Ruang

Universitas Negeri Malang sebagai salah satu perguruan tinggi perlu memiliki kenyamanan tata ruang agar segala sesuatu yang berproses di dalamnya dapat merasakan kenyamanan tersebut. Untuk mengetahui hal itu, maka perlu adanya penyelidikan bagaimana persepsi pengguna tata ruang (dalam hal ini mahasiswa) mengenai kenyamanan tata ruang yang didasarkan pada syarat kenyamanan tata ruang dari Hakim (2004) yang meliputi kenyamanan sirkulasi, kenyamanan iklim atau kekuatan alam, kenyamanan aroma atau bau-bauan, kenyamanan kebisingan, kenyamanan bentuk, kenyamanan keamanan, kenyamanan kebersihan, dan kenyamanan keindahan.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kenyamanan tata ruang kampus perguruan tinggi Universitas Negeri Malang ditinjau dari aspek kenyamanan sirkulasi, iklim, kebisingan, aroma, bentuk, kebisingan, keamanan dan keindahan.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dalam bentuk survey dan kuesioner. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian adalah mahasiswa dari setiap fakultas di Universitas Negeri Malang yang diambil secara acak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Area Sampling dan teknik Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Kenyamanan Tata Ruang Kampus dengan skala sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kenyamanan tata ruang kampus Universitas Negeri Malang sebanyak 9% dalam klasifikasi sangat nyaman, 54% dalam klasifikasi nyaman 37% dalam klasifikasi kurang nyaman dan 0,15% dalam klasifikasi tidak nyaman.

Dapat disimpulkan bahwa kenyamanan tata ruang kampus Universitas Negeri Malang dipersepsikan oleh mahasiswa masuk dalam kategori nyaman. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan kepada berbagai pihak:

1) Untuk Universitas Negeri Malang: setelah dilakukan penelitian hal ini telah diketahui bahwa persepsi mahasiswa terhadap kenyamanan tata ruang kampus masuk dalam kategori nyaman namun dari kedelapan aspek masih harus ada beberapa perbaikan agar didapatkan kenyamanan bagi pengguna kampus. Hal ini dapat dilihat dari kedelapan aspek yang telah memenuhi kenyamanan tata ruang yang baik, dengan fasilitas bangunan fisik yang sudah nyaman inilah diharapkan supaya dapat dijadikan contoh pembangunan kampus yang akan datang,

2) untuk peneliti selanjutnya: hasil penelitian masih terbatas pada kenyamanan pengguna yang ditinjau dari aspek-aspek kenyamanan tata ruang yang meliputi: aspek kenyamanan sirkulasi, iklim atau kekuatan alam, kebisingan, aroma atau bau-bauan, bentuk, keamanan, kebersihan, dan aspek kenyamanan keindahan.