SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Motivasi Mahasiswa Angkatan 2008-2011 Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang terhadap Profesi Guru PKn.

DEDI HANDRIYANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. Motivasi merupakan faktor penting pada mahasiswa dalam menentukan profesi apa yang mereka pilih. Motivasi merupakan proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apa motivasi intrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 terhadap profesi guru PKn, (2) apa motivasi ekstrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 terhadap profesi guru PKn

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Subyek penelitian adalah 55 orang mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang yang terpilih sebagai sampel penelitian. Sedangkan tekhnik analisis data atau pengolahan data menggunakan rumus umum prosentase.

 Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) motivasi intrinsik mahasiswa terhadap profesi guru Pkn adalah guru PKn merupakan profesi yang mulia, yang menyatakan setuju (S) sebanyak 100%, (2) motivasi ekstrinsik mahasiswa terhadap profesi guru PKn adalah mahasiswa ingin menjadi guru PKn karena Jurusan HKN Universitas Negeri Malang adalah lembaga keguruan yang mempersiapkan tenaga pendidik atau guru professional, yang menyatakan setuju (S) sebanyak 95%, sedangkan yang tidak setuju (TS) sebanyak 5%.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) motivasi intrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 jurusan Hukum dan Kewarganegaraan adalah guru PKn merupakan profesi yang mulia, (2) motivasi ekstrinsik mahasiswa angkatan 2008-2011 jurusan Hukum dan Kewarganegaraan adalah mahasiswa ingin menjadi guru PKn karena Jurusan HKN Universitas Negeri Malang adalah lembaga keguruan yang mempersiapkan tenaga pendidik atau guru professional. Dari hasil kesimpulan tersebut saran yang diajukan yaitu bagi mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan yang memiliki motivasi terhadap profesi guru PKn hendaknya sejak dini mempersiapkan  tugas dan tanggung jawabnya sebagai calon guru PKn.