SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kurikulum Berbasis Karakter pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo

KUKUH SAKTI WAHONO

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahono, Kukuh,  Sakti.  2012.  Penerapan  Kurikulum  Berbasis  Karakter  pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I)  Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: kurikulum, karakter, pelaksanaan kurikulum

Pendidikan karakter merupakan satu kesatuan program Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pendidikan karakter harus tertera dalam KTSP mulai dari  visi,  misi,  tujuan,  struktur  dan  muatan  kurikulum,  kalender  pendidikan, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sehubungan dengan penerapan kurikulum berbasis karakter dibutuhkan penelitian mengenai penerapan kurikulum berbasis karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan nilai karakter pada komponen kurikulum dan  pelaksanaan kurikulum berbasis karakter pada  Program Keahlian  Teknik Gambar Bangunan  di  SMK Negeri  1  Jenangan Ponorogo.

Penelitian menggunakan  rancangan  penelitian  jenis  penelitian  deskriptif. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah: penentuan sampel jumlah  siswa  tiap  kelas  dan  guru  dengan menggunakan teknik  proportional random  sampling dengan  rumus  Slovin.  Pengambilan  data  menggunakan dokumentasi  dan  angket  dengan  skala  likert. Analisis  hasil  penelitian  ini  adalah deskriptif.

Hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  penerapan  kurikulum berbasis karakter di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo termasuk dalam kategori baik, yang dapat dilihat dari:  (1) kajian pada visi, misi,  tujuan pendidikan,  struktur muatan, kalender  akademik,  silabus,  dan  RPP  yang  sudah  mengintregrasikan  nilai-nilai karakter didalam setiap komponen.  (2) Pelaksanaan Kurikulum berbasis karakter tergambar melalui  respon  guru  terhadap  siswa  dan  sebaliknya.  Terlebih  terlihat dari paparan hasil penelitian melalui instrumen angket yang rata-rata tiap indicator menunjukan  pada kategori  baik dalam menunjukan  terintegrasikannya  nilai-nilai karakter pada kelengkapan dan tahapan pembelajaran.

Berdasarkan hasil  temuan dalam  penelitian  ini,  disarankan  (1) kepada guru,  dalam  pelaksanaan  kurikulum  berbasis  karakter  diharapkan  guru  lebih meningkatkan  penerapan  nilai  karakter baik  secara  implisit  dan  eksplisit dalam proses  belajar  mengajar,  mendorong  siswa  dalam  upaya  menciptakan  kondisi lingkungan  yang mendukung  kegiatan  pembelajaran,  dan  lebih mengembangkan sikap  keteladanan  kepada  siswa.  (2)  Kepada pihak  sekolah,  untuk  melakukan penilaian  keberhasilan  dan  supervisi  mulai  dari  menelaah  kembali  komponen- komponen  kurikulum  dan  pelaksanaan  semua  kegiatan  yang  berkaitan  dengan penerapan kurikulum berbasis karakter. (3) Untuk peneliti lebih lanjut, disarankan untuk  melakukan  penelitian  terkait  pelaksanaan  pendidikan karakter    disemua bidang  keahlian  yang  ada  di  SMK  Negeri  1  Jenangan  Ponorogo  agar memunculkan  karakter  utama    sekolah  sesuai  tujuan  dari  kurikukulum  berbasis karakter yang dikembangkan.