SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Statika Siswa Kelas X Gambar Bangunan SMK Nasional Malang

Alifian Arif Abidin

Abstrak


ABSTRAK

 

Arif Abidin, Alifian . 2012. Penerapan Metode Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Statika Siswa Kelas X Gambar Bangunan SMK Nasional Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M.Pd. (II) Dra. Sri Agrariani Judowati, M.Pd

 

Kata kunci: quantum teaching, motivasi belajar, hasil belajar

Berdasarkan hasil pengamatan saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan dialog dengan guru Statika SMK Nasional Malang, diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran matematika di kelas. Banyak siswa yang kurang bersemangat ketika pelajaran berlangsung, kemauan untuk berusaha dan bertanya bila ada tugas maupun soal yang sulit juga kurang, banyak siswa yang merasa bahwa Statika merupakan pelajaran yang sulit dan berhubungan dengan banyak rumus sehingga sulit untuk dimengerti. Hal ini dikarenakan kecenderungan guru menyajikan materi secara final, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan. Dari beberapa permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini diterapkan model Quantum Teaching dengan harapan dapat menjadikan belajar matematika lebih bermakna dan menyenangkan.

Sehingga dapat membuat siswa termotivasi untuk terlibat secara aktif selama proses pembelajaran Statika di kelas sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar statika siswa dengan langkah- langkah pembelajaran Quantum Teaching. Subjek penelitian adalah siswa kelas X GB SMK Nasional Malang yang terdiri dari 18 siswa. Desain Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2011. Data yang diambil adalah data motivasi belajar yang diperoleh melalui angket/kuisioner dan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil test di akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Statika siswa. Peningkatan ini ditunjukkan dari data hasil angket motivasi siswa sebelum dan setelah diberi tindakan. Skor rata- rata motivasi awal siswa sebelum diberi tindakan sebesar 2,82 dan setelah diberi tindakan pada siklus I 3,46 , siklus II 3,74. Rata-rata nilai test pada siklus I sebesar 58,20 dan pada siklus II sebesar 77.72. Dengan demikian pembelajaran Quantum Teaching dapat dikembangkan dalam pembelajaran Statika.