SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang

Deny Wijanarko

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijanarko, Deny. 2012. Hubungan Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd. (II) Dra. Sri Agrariani Judowati, M.Pd.

 

Kata kunci: kemampuan mengajar,mahasiswa PPL, prestasi belajar siswa

Dalam  kegiatan  belajar  banyak  faktor  yang  mempengaruhi  prestasi  belajar siswa,  diantaranya  kemampuan  mengajar  mahasiswa  PPL  yang  berdampak  pada prestasi  belajar  siswa.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  (1)  kemampuan mengajar mahasiswa PPL di SMK Kota Malang, (2) prestasi belajar siswa yang diajar mahasiswa  PPL  di  SMK  Kota Malang,  serta  (3)  hubungan  kemampuan  mengajar mahasiswa  PPL  dengan  prestasi  belajar  siswa  program  keahlian  Teknik  Gambar Bangunan di SMK Kota Malang.

   Penelitian  ini merupakan  penelitian  kuantitatif,  dengan  data  yang  diperoleh dari menyebarkan angket/kuisoner yang menggunakan skala likert dan menggunakan data dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa program keahlian Teknik Gambar Bangunan  di  SMK Kota Malang.  Populasi  dalam  penelitian  ini  sebanyak  85  siswa kelas X TGB di SMK Kota Malang. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi berganda  dengan  bantuan  SPSS  17.00  For Windows  dan  dengan  taraf  signifikansi 5%.

Berdasarkan  hasil  penelitian  diketahui  bahwa:  (1)  kemampuan  mengajar mahasiswa  PPL  tahun  pelajaran  2011/2012  di  SMK  Kota  Malang  secara  umum berkualifikasi baik, (2) prestasi belajar siswa tahun pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang  secara  umum  berkualifikasi  baik,  (3)  terdapat  hubungan  kemampuan mengajar mahasiswa  PPL  dengan    prestasi  belajar  siswa  program  keahlian  Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2011/2012 di SMK Kota Malang

Adapun  saran  yang  dapat  diberikan  diantaranya:  (1)  mahasiswa  PPL hendaknya  selalu  meningkatkan  kemampuan  mengajar  melaluli  pembekalan microteaching  karena  nantinya  dalam  pelaksanaan  rill  teaching  akan  berdampak terhadap  prestasi  belajar  siswa,  (2)  kepada  siswa  diharapkan  untuk  selalu meningkatkan  prestasi  belajar  siswa,  karena masih  terdapat  siswa  yang  nilainya masih  dibawah KKM,  (3)  bagi  peneliti  selanjutnya  sebaiknya menambah  variable yang  akan  diteliti  karena masih  banyak  faktor  yang mempengaruhi  prestasi  belajar siswa.