SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kedisiplinan, Pola Asuh Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang

dhany tri setya utama

Abstrak


ABSTRAK

 

Utama, Dhany Tri Setya. 2011. Pengaruh Kedisiplinan, Pola Asuh Orang Tua dan  Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan SMK  Negeri 6 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas  Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M.Pd, (II) Drs. Sutrisno, S.T,  M.Pd.

 

Kata kunci: kedisiplinan, pola asuh, kepercayaan diri, prestasi belajar

Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan atau keterikatan terhadap sesuatu peraturan tata tertib.Orang tua mempunyai berbagai macam fungsi yang salah satu di antaranya ialah mengasuh putra-putrinya. Dalam mengasuh orang tua memiliki sikap-sikap tertentu dalam memelihara, membimbing, dan mengarahkan putra-putrinya. Percaya diri merupakan salah satu pangkal dari sikap dan perilakuanak. Apabila anak tidak mempunyai rasa percaya diri, anak akan merasa malu kapan dan dimana saja bila dia tampil, dan tidak berani untuk bergaul, anak juga tidak berani untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya kepada orang lain.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh pola asuh orangtua, kepercayaan diri dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa Program Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang.

Rancangan penelitian ini adalah expost facto, yaitu penelitian yang pengambilan datanya tanpa dilakukan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Program Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam dipilih secara proporsional dengan metode random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur yang digunakan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh kedisiplinan, pola asuh orangtua dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung dan tidak langsung pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar diperoleh nilai beta hitung 0,260764, pengaruh langsung dan tidak langsung kedisiplinan terhadap prestasi belajar diperoleh nilai beta hitung 0,204566 dan pengaruh langsung dan tidak langsung kepercayaan diri terhadap prestasi belajar diperoleh nilai beta hitung 0,003. Pada variabel pola asuh orangtua dan kedisiplinan diperoleh beta hitung > 0,05 berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel pola asuh orangtua dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar. Sedangkan pada variabel kepercayaan diri diperoleh beta hitung < 0,05 berarti tidak ada pengaruh yang signifikan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di SMK, terutama SMK Negeri 6 Malang. Dan tidak terdapat pengaruh yang signifikankepercayaan diri tehadap prestasi belajar siswa di SMK, terutama SMK Negeri 6 Malang. Adapun saran-saran dari penulis menurut hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pola asuh orangtua perlu ditingkatkan karena pola asuh orangtua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, semakin tinggi pola asuh orangtua semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Kepercayaan diri meskipun tidak ada pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa hendaknya tetap harus ditingkatkan, karena kepercayaan diri juga diperlukan individu untuk tampil dan berperilaku dengan cara menunjukkan kepada dunia luar tentang keyakinan diri mereka. Kedisiplinan belajar perlu ditingkatkan karena kedisiplinan belajar tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, semakin tinggi kedisiplinan belajar semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.