SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Hasil Belajar Mata Diklat Kewirausahaan, Faktor Internal Dan Eksternal Dengan Minat Berwirausaha Siswa Program Keahlian Pemesinan SMK Negeri 1 Singosari

Budi Setiya Handoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Handoko, Budi S. 2010. Hubungan Hasil Belajar Mata Diklat Kewirausahaan, Faktor Internal Dan Eksternal Dengan Minat Berwirausaha Siswa Program Keahlian Pemesinan SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1)Drs. H. Paryono, S.T., M.T, (2) Drs. Partono, M.Pd.

 

Kata kunci: hasil belajar, faktor internal, faktor eksternal, minat berwirausaha.

Minat berwirausaha adalah suatu rasa lebih suka, rasa keterikatan siswa yang diikuti dengan usaha aktif untuk mempelajari dan mendapatkan pengalaman untuk berwirausaha. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti proses pembelajaran pada mata diklat kewirausahaan. Hasil belajar diukur dengan 3 ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal meliputi karakteristik SDM dan kepribadian, sedangkan faktor eksternalnya meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan secara parsial maupun simultan hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktorinternal dan eksternal dengan minat berwirausaha.

Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi dan untuk menemukan ada tidaknya suatu hubungan tentang variabel-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari sejumlah 178 siswa dan digunakan sebagai sampel sebanyak 60 siswa. Analisis untuk mencari hubungan baik secara parsial dan simultan hasil belajar mata diklat kewirausahaan (X1), faktor internal (X2) dan faktor ekternal (X3) dengan minat berwirausaha (Y) menggunakan bantuan program SPSS 16.00 For Windows.

Dari hasil penelitian ini diketahui: (1) Hasil belajar mata diklat kewirausahaan siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari mempunyai hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha dengan sig t (0,003) < α(0,05) dan thitung = 3,100 > ttabel = 2,003. (2) Fakor internal siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari mempunyai hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha dengan nilai sig t (0,003) < α(0,05) dan thitung = 3,113 > ttabel = 2,003. (3) Fakor eksternal siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari mempunyai hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha dengan nilai sig t (0,007 < α(0,05) dan thitung = 2,808 > ttabel = 2,003. (4) Hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktor internal dan eksternal siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosarisecara bersama-sama berpengaruh positif signifikan dengan minat berwirausaha dengan nilai sig F (0,000)< α (0,05) dan Fhitung=30,042 > Ftabel=2,769.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari skripsi ini yaitu ada hubungan yang signifikan hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktor internal dan eksternal dengan minat berwirausaha siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari serta ada hubungan secara simultan antara hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktor internal dan eksternal dengan minat  berwirausaha siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari.

Dari penelitian ini dapat disarankan: (1) Kepada Kepala Sekolah dapat memberikan fasilitas bagi siswa untuk mengembangkan minat berwirausaha siswa. (2) Kepada Guru Kewirausahaan agar lebih banyak memberikan praktek lapangan agar siswa dapat memiliki pengalaman dalam mengelolah dan mengembangkan sebuah usaha. (3) Kepada Orang tua hendaknya bisa memberikan motivasi dan dukungan kepada putra/putrinya dalam berwirausaha, dengan menghapus asumsi bahwa siswa harus menjadi seorang karyawan dalam sebuah perusahaan.