SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

RANCANG BANGUN ALAT PEMBENGKOK PIPA BESI BERDIAMETER SATU INCHI SISTIM HIDROLIK

Panji Suharmanto, Mukti Sunanuddin Nur

Abstrak


ABSTRAK

 

Suharmanto, Panji dan Sunanuddin, Mukti. N, 2010. Rancang Bangun Alat Pembengkok Pipa Besi Berdiameter 1 Inchi Sistim Hidrolik. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Mesin Produksi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sunomo, M.Pd. (2) Drs. Solichin, S.T. , M.Kes.

Kata Kunci: alat pembengkok pipa besi

Dalam dunia industri saat ini peranan pipa besi sangat penting dalam pengguaannya dikarenakan kegunaannya dan manfaat pipa besi bervariasi mulai dari saluran air, minyak, gas dan penggunaan lain yang mendukung pada dunia industri serta penggunan pipa besi yang membutuhkan bengkokkan untuk pagar atau pun komponen-komponen mesin.

Pembengkokkan pipa besi untuk saat ini masih manual yaitu menggunakan tenaga manusia langsung. Pembengkokkan pipa besi secara manual mempunyai babarapa kalemahan jika dibandingkan menggunakan istim hidrolik.

Jika kita menggunakan sistim hidrolik kekuatan yang digunakan untuk membengkokkan pipa besi sangat tinggi dibanding manual yaitu menggunakan tanaga manusia langsung dan belum juga tenaga yang digunakan untuk membengkokkan pipa besi sangat kuat sehingga saat kerja cepat lelah. Untuk itu diganti menggunakan sistim hidrolik yang kecil tenaga yang digunakan sehingga tidak cepat lelah pada saat kerja.

Kesimpulan, pembengkokkan pipa besi menggunakan sistim hodrolik tenaga untuk membengkokan sangat tinggi dan energi yang dikeluarkan kecil sehingga tidak cepat lelah saat kerja.