SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh hasil prakerin dan hasil belajar kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan smkn 1 sidayu

fikri abdillah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Abdillah, Fikri, 2019. Pengaruh Hasil Prakerin dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Sidayu, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Partono, M. Pd., (2) Dr. H. Amat Nyoto, M. Pd.

 

Kata kunci : Prakerin, Kewirausahaan, Kesiapan Kerja

SMK merupakan tempat untuk mendidik setiap siswa yang memiliki bakat dan minat dibidangnya masing-masing, untuk meningkatkan kualitas, mutu dan kesiapan kerja maka pemerintah telah merencanakan Program Sistem Ganda (PSG). Dalam upaya merealisasikan PSG tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui Praktik Kerja Industri (prakerin) dan pembelajaran kewirausahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh dari prakerin terhadap kesiapan kerja, (2) mengetahui pengaruh kewirausahaan terhadapkesiapan kerja, (3) mengetahui pengaruh hasil prakerin dan hasil belajar kewirausahaan terhadap kesiapan kerja.

Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif korelasi berjenis expost facto. Dimana penelitian expost facto  tidak dibuat perlakuan atau manipulasi pada variabel penelitiannya.

Berdasarkan hasil analisis koefisien prakerin terhadap kesiapan kerja diperoleh nilai sig 0.849 dengan angka perbandingan probability 0.05, koefiseien kewirausahaan terhadap kesiapan kerja diperoleh sebesar 0.142. dan berdasrkan uji F yang didapat prakerin dan kewirausahaan terhadap kesiapan kerja diperoleh nilai sig  sebesar 0.320 dengan nilai probability 0.05.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara hasil prakerin dan hasil belajar kewirausahaan terhadap kesiapan kerja.