SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Hasil Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Pemesinan Smk Pemuda 3 Kesamben, Blitar

Aziz Rifqi

Abstrak


ABSTRAK

Aziz, Rifqi. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Hasil Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Pemesinan Smk Pemuda 3 Kesamben, Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Basuki, M.Pd., (2) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar,  Kesiapan Kerja

Pendidikan merupakan upaya peningkatan mutu siswa untuk mengikuti perkembangan teknologi serta menambah wawasan yang luas agar mampu bersaing di pendidikan selanjutnya atau dalam dunia kerja. Dalam upaya peningkatan mutu siswa di pengaruhi oleh motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa 

(2) Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Kesiapan Kerja Siswa 

(3) Pengaruh Hasil Belajar terhadap Kesiapan Kerja

(4) Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar Terhadap Kesiapan Kerja.

Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Subyek penelitian ini

adalah seluruh siswa kelas XII Pemesinan SMK Pemuda 3 Kesamben, Blitar sebanyak 94 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilaksanakan di SMK Pemuda 3 Kesamben, Blitar. Pengujian analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hepotesis pertama, hipotesis kedua, hipotesis ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat.

Berdasarkan hasil penelitian pada hipotesis pertama sebesar 75,7% yang

berarti berpengaruh langsung; hipotesis kedua sebesar 83,3% yang berpengaruh langsung; hipotesis ketiga sebesar 2,6% yang berarti berpengaruh tidak langsung; sedangkan hipotesis keempat sebesar 23,3% untuk motivasi belajar, 65,7% untuk kemampuan pemecahan masalah, dan 2,7% untuk hasil belajar yang berarti terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Pemesinan SMK Pemuda 3 Kesamben, Blitar.