SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Partisipasi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Kemampuan Berkomunikasi, Kemampuan Bekerjasama, dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran NC/CNC Dasar SMKN 3 Boyolangu Tulungagung

Ardhiansyah Septa Rizqi

Abstrak


ABSTRAK

Ardhiansyah, Septa Rizqi. 2019. Pengaruh Partisipasi dalam Kegiatan       Ekstrakurikuler terhadap Kemampuan Berkomunikasi, Kemampuan Bekerjasama, dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran NC/CNC        Dasar SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Prodi Pendidikan           Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik,          Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. H. Abdul Qolik, M.M.,   M.Pd., (2) Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci :  ekstrakurikuler, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama, hasil belajar, NC/CNC dasar

Tujuan penelitian ini untuk :

(1) Mengetahui pengaruh partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama siswa.

(2) Mengetahui pengaruh kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1  SMKN 3 Boyolangu Tulungagung pada mata pelajaran NC/CNC dasar.

(3) Mengetahui pengaruh partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran NC/CNC dasar.

Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2018 di SMKN 3 Boyolangu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Pemesinan SMKN 3 Boyolangu, subyek penelitian diambil dari siswa kelas XI TPm 1 sebanyak 35 siswa. Metode pengumpulan data untuk variabel partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan dokumentasi, untuk variabel kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dengan angket, serta untuk hasil belajar mata pelajaran NC/CNC menggunakan tes atau dokumentasi nilai.

Hasil penelitian :

(1) Terdapat pengaruh partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama siswa kelas XI TPm 1 SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, koefisien betha sebesar 0,784.

(2) Terdapat pengaruh kemampuan berkomunikasi dan kemampuan bekerjasama terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 SMKN 3 Boyolangu Tulungagung pada mata pelajaran NC/CNC dasar, koefisien betha sebesar 0,71.

(3) Terdapat pengaruh yang tidak langsung dari partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran NC/CNC dasar melalui kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama.