SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Partisipasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Kreativitas, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Mata Pelajatran Menggambar Teknik Kelas X di Smk Negeri 3 Boyolangu Tulungagung

Setyatinika Nursetyoadi

Abstrak


ABSTRAK

Setyatinika, Nursetyoadi 2019. Pengaruh Partisipasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Kreativitas, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Mata Pelajatran Menggambar Teknik Kelas X di Smk Negeri Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Widiyanti, M.Pd, (2) Dr. Yoto,ST.,M.M., M.Pd

Kata Kunci :  ekstrakurikuler, kemampuan kretativitas, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, menggambar teknik

Tujuan penelitian ini untuk  :

(1) Mengetahui pengaruh partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap kreativitas dan berfikir kritis siswa.

(2) Mengetahui pengaruh kreativitas dan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas X menggambar Teknik 1  SMKN 3 Boyolangu Tulungagung pada mata pelajaran menggambar teknik .

(3) Mengetahui pengaruh partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik.

Penelitian dilaksanakan  2018 di SMKN 3 Boyolangu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMKN 3 Boyolangu, subyek penelitian diambil dari siswa kelas X TPm 1 sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data untuk variabel partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler menggunakan dokumentasi, untuk variabel kemampuan kreativitas dan berpipikir kritis dengan angket, serta untuk hasil belajar mata pelajaran menggambar teknik menggunakan tes atau dokumentasi nilai.

Hasil penelitian :

(1) Terdapat pengaruh partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap kemampuan kreativitas  dan kemampua berpikir kritis siswa kelas X TPm 1 SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, koefisien betha sebesar 0,784.

(2) Terdapat pengaruh kemampuan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan 1 SMKN 3 Boyolangu Tulungagung pada mata pelajaran menggambar teknik, koefisien betha sebesar 0,71.

(3) Terdapat pengaruh yang tidak langsung dari partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik  melalui kemampuan kreativitas  dan berpikir kritis.