SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI KELAS XI SMK PEMUDA 3 KESAMBEN

Alam Akhsan

Abstrak


ABSTRAK

Alam, Akhsan. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode  Pembelajaran Berbasis Saintifik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning  Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Di Kelas XI SMK Pemuda 3 Kesamben. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Yoto,ST.,M.M., M.Pd, (2) Marsono,S.Pd.T., M.Pd.,Ph.D.

Kata Kunci: model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran langsung (MPL), hasil belajar teknik pemesinan bubut

Metode pembelajaran merupakan sebuah pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Didalam sebuah metode pembelajaran terdapat banyak tipe pembelajaran yang dapat meningkatkan keefektifan proses belajar. Pemilihan model pembelajaran yang efektif harus di sesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung (MPL) dalam mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Apabila dalam sebuah proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat maka dapat diindikasikan hasil belajar tercapai maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung (MPL) pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan untuk menghasilkan produk berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experimental design). Subyek pada penelitian ini yaitu kelas XI TPm 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung (MPL) dan kelas TPm 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Pemilihan subyek penelitian ini menggunakan cara assignment random sampling atau sistem acak. Penelitian ini terdapat empat data kuantitatif yaitu pre-test kelas eksperimen, pre-test kelas kontrol, post-test kelas eksperimen, dan post-test kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pre-test dan post-test pilihan ganda dan teknik analisis menggunakan bantuan SPSS 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Perbedaan signifikan terdapat pada penerapan model pembelajaran problem based learning, dimana kemampuan awal siswa dengan rata-rata 57,92 meningkat menjadi 74,17 dengan persentase peningkatan 16,25%. Perbedaan lain terdapat pada keaktifan siswa di dalam kelas, bagaimana siswa mencari informasi secara individu dan saling berinteraksi dengan teman lain.