SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Praktik Kerja Lapangan untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Pasuruan

Putra Fuad Abdurrohkhman

Abstrak


RINGKASAN

Putra, Fu’ad Abdurrokhman. 2019. Model Praktik Kerja Lapangan untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Agus Sholah, M.Pd., (2) Drs. Paryono, S.T., M.T.

Kata Kunci: Model, Praktik Kerja Lapangan, Kompetensi, SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu subsistem dalam Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga akan meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pembelajaran di sekolah kejuruan dilaksanakan dengan pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Pembelajaran praktik merupakan kegiatan yang paling utama bagi sekolah kejuruan yang pelaksanaannya dapat dilakukan dengan pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran secara langsung di dunia kerja melalui program Praktik Kerja Lapangan. Tujuan utama dari Praktik Kerja Lapangan adalah untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran pada pendidikan kejuruan agar sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:

1) perencanaan Praktik Kerja Lapangan,

2) model Praktik Kerja Lapangan,

3) evaluasi Praktik Kerja Lapangan,

4) faktor pendukung dan penghambat Praktik Kerja Lapangan, dan

5) peran Praktik Kerja Lapangan untuk peningkatan kompetensi siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Pasuruan.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pasuruan. Subjek penelitian ini adalah Pokja (Kelompok Kerja) Praktik Kerja Lapangan, Ketua Kompetensi Keahlian, Guru Pembimbing, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan melakukan penyajian data kemudian dilaksanakan triangulasi data hingga dapat diambil kesimpulan berupa gambaran model Praktik Kerja Lapangan yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 2 Pasuruan.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut:

1) Perencanaan yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Pasuruan dalam mempersiapkan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan untuk siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dilakukan dengan melakukan persiapan sekolah yang berupa penyediaan sarana prasarana dalam pembelajaran, persiapan siswa PKL, persiapan guru pembimbing, persiapan administrasi PKL, pelaksanaan pembekalan siswa dengan materi kejuruan dan informasi industri, serta persiapan tempat yang akan digunakan.

2) Model Praktik Kerja Lapangan untuk siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yang diterapkan oleh SMK Negeri 2 Pasuruan yaitu dengan menerapkan panduan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

yang pelaksanaannya dengan sistem blok selama 4 bulan penuh di industri dan dilaksanakan dengan 2 gelombang pemberangkatan pada 1 periode pendidikan serta membebaskan jumlah kegiatan monitoring dengan batas minimal 4 kali pelaksanaan.

3) Evaluasi kegiatan Praktik Kerja Lapangan siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Pasuruan yaitu dengan mengumpulkan segala informasi terkait pelaksanaan PKL yang telah dilakukan atas dasar laporan dari industri dan guru pembimbing mengenai siswa, pelaksanaan, dan masalah-masalah yang muncul serta hasil penilaian industri kepada siswa dan laporan jurnal kegiatan siswa untuk kemudian dilaksanakan rapat bersama yang hasilnya nanti digunakan untuk peningkatan pelaksanaan PKL selanjutnya juga diakhir nanti akan diterbitkan sertifikat PKL sebagai tanda bahwa siswa telah benar melaksanakan PKL.

4) Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Pasuruan memiliki banyak faktor pendukung seperti dukungan penuh dari sekolah dalam mempersiapkan hingga evaluasi PKL yang merupakan bentuk dukungan internal serta adanya dukungan oleh pihak industri dan orangtua siswa sebagai bentuk dukungan eksternal. Selain itu juga terdapat faktor yang menjadi penghambat secara internal yang berupa kurangnya penyediaan sarana dan prasarana serta adanya ketidaksetujuan orangtua dan masalah-masalah ketika pelaksanaan sebagai bentuk adanya faktor yang menghambat dari eksternal. Dan 5) Praktik Kerja Lapangan memiliki peran yang sangat penting untuk pengembangan kompetensi siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Pasuruan dikarenakan tamatan PKL akan memiliki bekal keahlian profesional seperti peningkatan kompetensi dan peningkatan rasa percaya diri untuk terjun langsung ke lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan siswa serta untuk bekal pengembangan dirinya secara berkelanjutan.