SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis kegagalan connecting rod mobil toyota avanza tahun 2013

wildan akhmad ghozali

Abstrak


Bertambahnya volume kendaraan khususnya motor bakar,  perlu diantisipasi sedini mungkin jika terjadi kegagalan pada suatu komponen motor bakar. Kegagalan yang mungkin terjadi pada komponen mesin adalah connecting rod. Banyaknya kasus kegagalan komponen khususnya pada connecting rod menjadi acuan untuk meneliti kasus kegagalan yang ada.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kegagalan suatu connecting rod Toyota Avanza 2013 dengan mengetahui sifat fisik dan mekanik dari komponen tersebut melalui berbagai pengujian . Metode yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari beberapa pengujian yaitu, foto makro, uji mikrostruktur, SEM EDX, uji kekerasan, dan simulasi menggunakan metode elemen hingga (FEM) untuk mengetahui  tegangan tertinggi pada daerah yang mengalami retakan.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa spesimen merupakan jenis AISI 4315 dengan kekerasan 30.98 HRC. Spesimen tersebut memiliki permukaan yang keras namun bersifat ulet pada bagian dalamnya. Hal itu terlihat dari bentuk patahan yang memiliki banyak dimple, beachhmark, dan lipatan patahan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa, retakan yang berada dekat bigend  memiliki nilai tegangan dan regangan yang lebih besar ketimbang daerah yang jauh dari bigend. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya retakan yang dekat dengan daerah bigend  menjadi penyebab utama kegagalan komponen.