SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Belajar Mata Kuliah Menggambar Teknik Menggunakan Pocket Book Berbasis Android Untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

Sundri Dwi Catur Agustian Merdeka

Abstrak


RINGKASAN

Sundri, Dwi Catur Agustian Merdeka. 2019. Pengembangan Media Belajar Mata Kuliah Menggambar Teknik Menggunakan Pocket Book Berbasis Android Untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Tuwoso, M.P. (2) Drs. Basuki, M.Pd.

Kata kunci: media android, Pocket Book, Menggambar Teknik.

Mata kuliah Menggambar Teknik merupakan mata kuliah yang membahas gambar sebagai alat komunikasi, memiliki maksud dan perintah tertentu, atau informasi dari ahli gambar untuk disampaikan kepada pelaksana atau pekerja. Gambar teknik menggunakan ketentuan dan aturan yang telah disepakati bersama oleh ahli teknik. Berbagai materi disampaikan pada mata kuliah Menggambar teknik mulai dari konsep menggambar teknik, peralatan gambar, fungsi garis, huruf dan angka, dimensi, proyeksi dan gambar potongan. Mata kuliah Menggambar Teknik wajib ditempuh sebelum mengambil mata kuliah Menggambar Kontruksi Mesin oleh setiap mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Dalam proses pembelajaran gambar teknik di kelas dilakukan dengan transfer ilmu verbal secara langsung dari dosen kepada mahasiswa dan didukung dengan sebuah buku. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran belum mengoptimalkan penggunaan piranti berbasis elektronik, seperti kemajuan teknologi komunikasi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran yang berisi setiap materi gambar teknik yang telah diringkas menjadi buku saku (pocket book)  berupa teks, gambar dan video  yang dapat digunakan pada telepon pintar dengan sistem android.

Prosedur pengembangan media pembelajaran  pocket book gambar teknik ini meliputi lima tahapan yang diadopsi dari model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan yang dilakukan yaitu:

(1) analisis kebutuhan;

(2) desain;

(3) pengembangan produk;

(4) implementasi; dan

(5) evaluasi. Instrument pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) untuk ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil dengan 10 responden(mahasiswa) dan uji lapangan 30 responden (mahasiswa).

Data yang diperoleh dari hasil observasi berupa data kuantatif  yang diperoleh dari hasil pensekoran dan data kualitatif dari hasil komentar validator, data ini kemudian diterjemahkan kevalidannya. Hasil hasil validasi isi terhadap kelayakan dan kemudahan penggunaan media pembelajaran ini, menunjukan hasil yang valid. Hasil dari validasi ahli materi 86,7%, hasil ahli validasi media 81,9%, uji coba kelompok kecil 89,5% dan hasil uji coba lapangan mencapai 88%. Pengembangan media pembelajaran ini juga dapat menjadi tolak ukur bagi pengembang selanjutnya. Pengembang selanjutnya dapat membuat produk lain seperti: pembuatan media gambar kontruksi mesin, atau pengembangan media gambar CAD (computer aided design).