SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI SAND CASTING MATA KULIAH PENGECORAN LOGAM JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Valendra Dicki Ahmad

Abstrak


RINGKASAN

Valendra, Dicki Ahmad. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Sand Casting Mata Kuliah Pengecoran Logam Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widiyanti, M.Pd., (II) Duwi Leksono Edy, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, Android, Pengecoran Logam.

Mata kuliah Praktikum Pengecoran Logam merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembelajaran dengan sistem konvensional dalam proses pembelajaran pengecoran logam saat ini sudah bagus, namun dalam segi pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran masih kurang efektif, dan bisa dikembangkan lagi agar pembelajaran bisa lebih bervariasi dan mampu menjadikan mahasiswa dapat belajar secara mandiri.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain mengembangkan produk berupa aplikasi android pada mata kuliah praktikum pengecoran logam serta mengetahui tingkat kelayakan dan respon mahasiswa terkait media pembelajaran berbasis aplikasi android yang digunakan pada pembelajaran mata kuliah Praktikum Pengecoran Logam di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Model pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun dasar untuk menggunakan model pengembangan ini adalah karena model ini memiliki skema alur yang sederhana dan mudah diikuti, dan memberikan kemudahan dalam kegiatan validasi (validasi ahli materi, ahli media, responden).

Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran aplikasi android dibuat dengan software Autodesk Inventor dan Unity 3D. Pengumpulan data validasi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis android ini menggunakan instrumen berupa angket (kuisioner) yang dilakukan terhadap 3 subjek yaitu: ahli materi, ahli media, kelompok kecil yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 yang sudah menempuh mata kuliah praktikum pengecoran logam. Hasil validasi yang diperoleh adalah sebagai berikut:

(1) Ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan dengan persentase 80%,

(2) Ahli media menunjukkan tingkat kevalidan dengan persentase 86,5%,

(3) Mahasiswa angkatan 2015 menunjukkan tingkat kevalidan dengan persentase 89%, dan

(4) Mahasiswa angkatan 2015 menunjukkan tingkat kevalidan dengan persentase 88,4%.